Ilustrasi kegiatan majelis taklim. (Foto: Ist.)


Nasional

Kemenag Sebut Pendaftaran Majelis Taklim Tidak "Wajib", Tapi...

JAKARTA (SumbarFokus) 

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Tarmizi Tohor mengatakan pendaftaran majlis taklim tidak wajib sehingga bagi yang tidak ingin mendaftarkannya tidak akan dikenakan sanksi.

"Yang mau daftar silahkan saja, tidak terserah, gitu aja. Yang penting kita ingin majelis taklim ini ada kekuatan hukum yang mengaturnya," kata Tarmizi di kantornya, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia mengatakan tidak ada upaya intimidasi Kemenag terhadap majlis taklim dengan ajakan registrasi. Terlebih, Kemenag menghargai majlis taklim sebagai lembaga pendidikan nonformal yang sudah ada sejak dulu kala.


"Kita tidak mengintimidasi menjlis taklim. Mungkin sejak merdeka, ya majlis taklim kita tidak ada aturan yang mengatur penguatannya," katanya.

Dia mengajak masyarakat untuk membaca dan mendalami Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim sebelum memberi komentar yang tidak relevan.

Menurut dia, redaksional peraturan itu adalah harus bukan wajib. Artinya, hal itu memiliki perbedaan amanah peraturan. Dengan wajib jika tidak dilaksanakan maka terkena sanksi sementara harus hanya terkait administrasi.

"Dengan peraturan ini ada modul mereka, selama ini kan tidak ada modulnya sehingga begitu pulang ke rumah tidak ada pedomannya. Ada modul tentang fikih, akidah akhlak, sejarah islam, kaitan moderasi agama dan lain-lain," katanya.

Tarmizi mengatakan Kemenag tidak dalam rangka memasuki ranah pribadi umat. Registrasi majlis taklim hanya upaya Kemenag untuk melakukan basis data. Sementara bagi majelis taklim agar kualitasnya meningkat karena memiliki kurikulum penyampaian materi keagamaan yang lebih rapi.

"Kami tidak mendata nama orang atau sebagainya, hanya misalnya, majelis taklim berapa jemaahnya, bukan kita mendata pribadi orang, itu bukan hak kita, itu urusannya dinas kependudukan. Jadi tujuannya untuk perbaikan majlis taklim supaya bagus. Itu saja," pungkasnya. (001)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018