Jajaran Polres Payakumbuh, saat melaksanakan Operasi Patuh Singgalang. (Foto: Ist.)


Hukum

Kapolres Payakumbuh: Operasi Patuh Singgalang Difokuskan pada Edukasi

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang kali ini lebih difokuskan kepada edukasi bukan penilangan. Demikian disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resor Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), AKBP Dony Setiawan, Kamis (30/7/2020).

"Pada pelaksanaan tahun ini memang sedikit berbeda, dimana kami memang akan lebih fokus pada edukasi. Pertimbangannya tentu karena saat ini kita masih di tengah pandemi COVID-19," terangnya.

Pemberian edukasi ini, dikatakan, bertujuan untuk membuat pengendara di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh kembali menaati peraturan berlalu lintas.  Hal ini karena dalam beberapa bulan terakhir, tepatnya karena pandemi COVID-19, pihaknya memberikan sedikit kelonggaran pada pengendara.


"Sekarang berangsur-angsur kita kembalikan ketaatan masyarakat ini. Jangan nantinya, setelah ada pelonggaran yang diberikan membuat masyarakat kita lupa dan tidak mau menaati aturan berlalu lintas," ujar Kapolres.

Oleh sebab itu, pihaknya akan semaksimal mungkin tidak akan memberikan penilangan kepada pengendara. Kecuali memang pengendara melanggar aturan-aturan yang fatal seperti melawan arus dan berbonceng lebih dari dua orang.

"Kalau ini kan sudah membahayakan, seperti melawan arus, tidak hanya akan membahayakan diri sendiri, ini juga akan membahayakan pengendara lainnya," kata dia.

Sampai saat ini, sambung Dony, pihaknya telah memberikan edukasi kepada ratusan pengendara di wilayah hukumnya. Pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya kelengkapan berkendara dan penggunaan masker.

"Jadi di masa pandemi COVID-19 ini, kelengkapan berkendara, kendaraan dan masker menjadi hal yang utama. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk terus melengkapi kelengkapan berkendara dan tetap menggunakan masker," ujarnya.

Dalam pelaksanaan operasi patuh ini, Polres Payakumbuh melakukannya dengan dua cara, yakni hunting sistem dan statis di satu tempat.

Kita Peduli!

"Pelaksanaan operasi patuh pada tahun ini akan terus kita laksanakan sampai dengan 5 Agustus mendatang. Semoga saat dan setelah pelaksanaan operasi patuh ini, kesadaran pengendara untuk menaati aturan lalu lintas," sebutnya. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018