Kapolresta Padang Kombes Yulmar Try Himawan, saat menunjukan barang bukti dan kendaraan milik tersangka. (Foto: Fajar)


Hukum

Kapolres Padang Imbau Masyarakat Berhati-hati Jalan di Malam Hari

PADANG (SumbarFokus)

Kapolres Kota Padang  Kombes Yulmar Try Himawan mengimbau masyarakat untuk berhati hati melakukan perjalanan di malam hari, kemudian hindari tempat tempat yang sepi dan rawan kejahatan.

"Jangan berjalan sendiri dan jangan menggunakan perhiasan atau barang barang yang mencolok," ucap Kapolres saat ditanya SumbarFokus, usai kegiatan jumpa pers di Mapolresta Padang, Senin (24/2/2020).

Imbauan ini beranjak dari kasus pembacokan warga Kepulauan Mentawai yang terjadi di Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) beberapa waktu lalu. Salah seorang pelaku pembacokan dari dua pelaku,  WS (19 tahun), berhasil ditangkap Minggu (15/2/2020), tak lama setelah membacok Parmono Saogo (21 tahun), warga Dusun Mapoupou, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.


"Pelaku diamankan di kawasan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Sedangkan untuk teman tersangka berinisial A, saat ini masih dalam Daftar Pencarian Orang, dan korbannya masih dirawat di rumah sakit M. Djamil Padang," urai Kombes Yulmar Try Himawan, mengenai kasus pembacokan tersebut.

Ditambahkan, motif pelaku adalah demi eksistensi, dan kuat dugaan ini mengarah kepada perampasan kendaraan bermotor. Hal tersebut tidak terlepas dari tersangka selalu menyasar pengemudi kendaraan sepeda motor pada malam hari.

"Dari hasil penyelidikan polisi, pelaku merupakan mantan residivis dengan kasus yang berbeda dan sudah beraksi di beberapa TKP. Tersangka Kami amankan dan diminta pengakuan, tapi tersangka belum bisa disebut anggota geng, karena jumlah masanya tidak banyak," tuturnya lagi.

Untuk barang bukti yang diamankan polisi yaitu satu unit sepeda motor tanpa plat nomor dan satu unit samurai yang digunakan untuk beraksi. Disebutkan, tersangka dijerat dengan pasal 365 junto 170 tentang Penganiayaan secara Bersama-sama dan Undang-undang (UU) Darurat nomor 12 tahun 1951. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018