Sebanyak 27 penumpang kapal nelayan jenis Jaring Udang KM Nindi GT 4 dinyatakan selamat usai tenggelam di tengah lautan, Minggu (1/9/2019). (Foto: Ist.)


Peristiwa

Kapal Nelayan Tenggelam di Lautan Pasbar, Semua Penumpang Dinyatakan Selamat

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Kapal nelayan yang membawa siswa SMA IT Darul Hikmah Simpang Empat Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), tenggelam di tengah laut. Kapal yang berisikan 27 orang itu diterjang ombak besar antara Teluk Air Bangis dan Pulau Panjang, Minggu (1/9/2019).

Peristiwa ini terjadi sekira pukul 14.30 WIB waktu setempat. Kapal itu tenggelam saat menyeberang dari Pulau Panjang menuju Air Bangis. Sebelumnya, kapal yang membawa 17 siswa itu melakukan bakti sosial, dan sekaligus pelantikan anggota pramuka di Pulau Panjang.

Selain belasan siswa, di dalam kapal nelayan jenis Jaring Udang KM Nindi GT 4 itu, juga terdapat tiga orang guru, dua anggota PMI, satu anggota Pramuka Kabupaten Pasaman Barat, satu wartawan, dan tiga orang anak-anak. Syukurnya, dikabarkan semuanya dalam keadaan selamat.


Menurut Kepala Markas PMI Pasaman Barat Rida Warsa, kapal diterjang ombak besar saat akan kembali ke dermaga Air Bangis. Namun di tengah perjalanan, kapal oleng dan terombang-ambing di tengah lautan sekitar 60 menit.

“Kejadiannya ketika pulang dari Pulau Panjang, kapal yang ditumpangi rombongan terbalik dihantam ombak. Saat mereka mengapung di tengah laut, ada kapal penumpang dari Air Bangis menuju Pulau Panjang melintas dan membantu penyelamatan,” terang Rida.

Setelah dilakukan penyelamatan dan sampai di dermaga, semua korban langsung dibawa ke Puskesmas Air Bangis. Saat ini 15 siswa yang dipimpin Kepala Sekolah SMA IT Darul Hikmah Indra Budiman itu sudah dipulangkan ke asrama. Sedangkan dua orang lainnya dilarikan ke RSUD Pasbar karena shock, dan akan dilakukan cek medis. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *