Pertandingan Semen Padang FC vs Bali United di Stadion Gor Haji Agus Salim Padang, Senin sore (2/12/2019). (Foto: Ist.)


Olahraga

Kalahkan Semen Padang FC, Bali United Juara Liga I Indonesia

PADANG (SumbarFokus)

Bali United memastikan juara Liga 1 setelah menghempaskan tuan rumah Semen Padang dengan skor 0-2 dalam pertandingan di Stadion Gor Haji Agus Salim, Padang, Senin sore (2/12/2019).

Kepastian juara itu didapat setelah Bali United mengemas nilai 63 dari 30 kali main, di bawahnya Borneo FC baru memperoleh nilai 46 juga dari 30 kali main.

Sehingga, kedua tim teratas itu terpaut 17 nilai, selisih angka yang tak mungkin terkejar lagi karena secara keseluruhan Borneo tinggal menyisakan 4 kali pertandingan lagi. Kalaupun menang di semua laga, Borneo hanya mendapat tambahan nilai 12.


Dalam pertandingan melawan Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim Padang, Bali United sebenarnya hanya butuh hasil imbang. Namun, Serdadu Tridatu malah menggeber Semen Padang dan berhasil mengalahkan kabau sirah 2-0. Kedua gol dibukukan Ilija Spasojevic yang masih berduka karena kematian istrinya beberapa hari lalu. Masing-masing dicetak pemain asal Montenegro itu pada menit ke-51 dan 85.

Semen Padang sendiri juga langsung tancap gas sejak awal laga. Mereka butuh kemenangan untuk keluar dari zona degradasi. Namun, upaya serangan mereka kerap gagal.

Semen Padang nyaris memimpin lewat tembakan Flavio Beck di menit 23. Beruntung bagi Wawan Hendrawan, tendangan lawan tak bersarang di gawangnya. Sayangnya, inilah satu-satunya ancaman berarti yang berhasil dilancarkan Semen Padang walau mereka bisa mengimbangi dominasi Bali United dalam pertandingan ini.

Yabes Roni nyaris membawa Bali United memimpin saat laga di babak pertama tersisa dua menit lagi. Tanpa kawalan, Yabes coba menyundul bola di depan mulut gawang Semen Padang. Sayang peluang itu terbuang sia-sia.

Yabes lagi yang mendapat peluang cantik di masa injury time. Namun bola berhasil dihalau Dedi Gusmawan. Laga di babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Tuan rumah Semen Padang langsung tancap gas di awal babak kedua, setelah mereka tertinggal 0-1 di akhir babak pertama.

Flavio Beck coba sarangkan tembakannya ke gawang Wawan di menit 49. Namun, bolanya masih melebar.

Sesaat kemudian, giliran Vanderley yang membangun serangan di depan gawang Wawan Hendrawan. Namun, upaya itu kembali gagal.

Keasyikan menyerang, Semen Padang malah lengah saat Bali United mencoba lancarkan serangan balik yang berbuah manis. Gol Kerjasama yang apik antara Yabes Roni yang menyodorkan umpan sundulan kepalanya kepada Spaso yang disambut Spaso juga dengan sundulan kepalanya dan bersarang di gawang Semen Padang di menit 52. Skor 1-0 untuk keunggulan Bali United!

Semen Padang punya dua peluang cantik yang coba diselesaikan Valderley dan Flavio Beck sesaat kemudian. Namun tak satupun yang membuahkan hasil. Tim tamu tetap memimpin 1-0.

Tertinggal dari sang tamu, tuan rumah tambah bernafsu membalas ketertinggalan mereka. Upaya serangan coba dibangun Flavio dan Valderley namun tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Berkali-kali upaya tuan rumah tak juga membuahkan hasil, bahkan hingga memasuki menit ke-65 Bali United tetap memimpin 1-0 atas tuan rumah Semen Padang.

Tim Kabau Sirah seperti tak pernah kehabisan tenaga untuk terus berusaha mengejar ketertinggalan mereka. Namun, tak satupun upaya mereka bersarang di gawang BUFC. Bahkan hingga menit ke-78 tim tamu Bali United tetap memimpin 1-0.

Sepuluh menit tersisa, Karl Marx nyaris menyarangkan bola lewat tendangan jarak jauhnya. Bola tak terjangkau Wawan yang sudah lebih dulu terjatuh di depan mulut gawangnya. Namun, bola malah melebar dari tiang gawang. Gagal lagi serangan Semen Padang!

Alih-alih mengejar ketertinggalan, Semen Padang malah kembali kebobolan di menit 85. Lagi-lagi lewat gol Spasojevic, lewat kerjasamanya dengan Paulo Sergio. Tak sulit bagi Spaso untuk menyarangkan bola ke gawang tuan rumah karena hanya perlu sentuhan pelan untuk menyarangkan si kulit bundar. Skor 2-0 untuk Bali United.

Gelandang Semen Padang Yu Hyun-koo sebenarnya bisa menjebol gawang BUFC di menit 90+3. Namun, hakim garis keburu mengangkat bendera tanda offside.

Vanderley kembali punya peluang cantik di akhir laga. Namun, keberuntungan benar-benar sudah menjauh dari tim Kabau Sirah karena bola kembali melebar.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda laga usai. Laga Semen Padang vs Bali United ditutup dengan skor 0-2 untuk kemenangan Bali United.

Susunan Pemain

Semen Padang: Rendi, Syaeful, Dedi Gusmawan (C), M Rifqi, Leo, Yoku, Flavio, Dedi Hartono, Uropmabin, Irsyad Maulana, Vanderley Francisco.
Bali United: Wawan, Dias Angga, Gunawan, Willian Pacheco, Ricky Fajrin, Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio, Lilipaly, Yabes Roni, Ilija Spasojevic (C). (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018