Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi Ketua Umum APPSI periode 2019-2023. (Foto: Ist.)


Nasional

Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Terpilih Jadi Ketua APPSI 2019-2023

JAKARTA (SumbarFokus) 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023.

Anies mengungguli dua calon lainnya yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melalui pemilihan tertutup dalam Munas APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

"Teman-teman di APPSI, para gubernur mempercayakan kami untuk menjadi ketua APPSI 2019-2023. Insya Allah saya akan menjalankan (amanah ini) sebaik-baiknya," kata Anies Baswedan usai kegiatan Musyawarah Nasional APPSI di Jakarta, Selasa (26/11/2019).


Proses pemilihan berlangsung alot. Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak ikut pemungutan suara atau voting untuk memilih Ketua APPSI. Ia menghendaki pemilihan ditempuh lewat jalur musyawarah. 

Ganjar mengaku lebih sreg mengedepankan musyawarah mufakat. Namun 22 orang kepala daerah lainnya memilih untuk langsung melakukan voting.

"Saya ingin musyawarah mufakat itu bukan sekedar statement, tapi kita berani untuk melakukan. Saya masih tawarkan sebenarnya lobi, kalau mau, atau nama diajukan terus kemudian lobi, tapi karena teman-teman dan juga sudah sore dan sudah capek, ya sudah," kata Ganjar dikutip dari laman cnnindonesia.com.

Voting digelar dua putaran dalam kesempatan itu. Dalam voting, hanya daerah yang diwakili gubernur atau wakil gubernur yang punya hak suara. 

Sehingga hanya 23 dari 34 provinsi yang jadi peserta voting. Namun hanya 22 orang yang ikut pemilihan karena Ganjar memilih abstain.

Pada putaran pertama, para kepala daerah mengusulkan nama calon ketua umum. Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Kaltim Isran Noor muncul ke pemilihan.

Kemudian putaran kedua digelar untuk memilih dua nama teratas, Anies dan Ridwan Kamil. Ganjar kembali abstain dengan alasan yang sama. 

Anies pun akhirnya memenangkan pemilihan dengan 13 suara, sedangkan Ridwan Kamil hanya 9 suara.

Meski memilih abstain, Ganjar tetap menerima hasil pemilihan. Dia juga menyampaikan bakal mendukung kerja APPSI di bawah kepemimpinan Anies.

Usia terpilih sebagai Ketua APPSI, dalam waktu dekat ini Anies akan membentuk tim formatur untuk susunan pengurus. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan mengukuhkan pengurus APPSI usai pemilihan Ketua APPSI. 

Namun berhubung presiden saat ini sedang berada di Korea Selatan, maka tim formatur akan mencarikan waktu yang tepat untuk pengukuhan.

Pada periode yang baru ini, APPSI sudah menyusun beberapa program kerja. Salah satunya menurut Anies adalah tentang variabel untuk menghitung alokasi pembangunan bagi daerah kepulauan.

"Satu yang paling diusulkan oleh sebagian besar terutama dari kawasan Indonesia timur adalah tentang variabel untuk menghitung alokasi pembangunan bagi daerah kepulauan," ujar Anies yang merupakan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Para gubernur yang daerahnya kepulauan, lanjut Anies, mengeluhkan selama ini cara perhitungannya ukuran wilayah metode hitungnya disamakan dengan daratan.

"Bagi kawasan yang kepulauan dan penduduknya sedikit akhirnya kecepatan pembangunannya menjadi rendah," ucapnya.

Kemudian, APPSI periode 2019-2023 memasukkan penyusunan format baru tentang rumus variabel penghitungan alokasi pembangunan daerah untuk ditawarkan kepada pemerintah pusat itu sebagai salah satu program kerja. (001)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      nasional