Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, secara simbolis, melepas kafilah Sumbar untuk MTQ Nasional ke-XXVIII, Senin (9/11/2020). (Foto: FAIRUZ SYAUGI)


Lain-lain

Kafilah Sumbar untuk MTQ Nasional ke-XXVIII Resmi Dilepas Gubernur

PADANG (SumbarFokus) 

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melepas secara resmi kafilah Provinsi Sumbar untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 di salah satu hotel Kota Padang, Senin (9/11/2020).

Dalam sambutannya Irwan Prayitno mengingatkan untuk menjaga kekompakan dan kerjasama antar kafilah.

“Kekurangan teman kita, kita lengkapi. Yang tidak sempurna, kita sempurnakan. Kompak, sinergi dan kerjasama, waktu tinggal hitungan hari lagi,” tegas Irwan.


Disebutkan, jumlah kafilah yang baru saja dilepas adalah sebanyak 54 orang, yang akan mengikuti 8 cabang perlombaan.

“Hari ini kita resmi melepas peserta MTQ dengan jumlah 54 orang, masuk semua kategori insyaallah,” terang Irwan.

Gubernur juga menyampaikan harapan agar rombongan bisa membawa nama baik Sumbar.

Dalam persiapan sebagai tuan rumah penyelenggaran MTQ ke-XXVIII sendiri, Irwan menerangkan, Sumbar telah menyiapkan 12 venue (red-tempat perlombaan berlangsung).

“Kalo yang sudah 100 persen itu venue, tempat perlombaan itu sudah 100 persen, karena tempatnya sudah jadi. Ada 12 alhamdulillah,” terangnya. 

Disebutkan, persiapan untuk acara pembukaan di Stadion Utama Sumbar, Sikabu, Padang Pariaman, telah mencapai 97 persen berupa panggung-panggung acara.

Kita Peduli!

“Tinggal 3 persen, karena jalan dan pekarangan depan itu terakhir, gak bisa didulukan. Nanti kalau didulukan rusak lagi,” Jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Rakyat (Bintal dan Kesra) Sumbar Syaifullah menjelaskan perihal lokasi venue atau tempat-tempat diselenggarakan lomba.

“Ada 12 venue, pertama di Masjid Raya Sumbar, kemudian ada di Masjid Nurul Iman, ada di Masjid Al hakim di Muara tepi pantai, kemudian di UNP ada 3 disitu, kemudian di Baiturrahmah, kemudian di UIN Imam Bonjol Kampus II ada 2 venue disana, kemudian di Rohana Kudus,” ungkap Syaifullah.

Kesiapan seluruh venue sudah tidak ada kendala walaupun ada yang masih dalam proses seperti di Masjid Raya Sumbar.

Disebutkan Syaifullah, Jumlah final peserta yang akan mengikuti MTQ Nasional ke-28 sebanyak 1476, yang berasal dari 32 Provinsi.

“Ada yang membatalkan seperti NTT ada delapan orang, kalau Jogja dari awal tidak mendaftar, jadi ada 32 provinsi,” terangnya. (018)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020