Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Auditorium UNP, Kamis (5/12/2019). (Foto: Miftahul Ilmi)


Pendidikan

Jusuf Kalla Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa oleh UNP

PADANG (SumbarFokus) 

Mantan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) ke-10 dan ke-12 H. Jusuf Kalla (JK) dianugerahi gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (DR HC) bidang Penjaminan Mutu Pendidikan Program Studi Ilmu Pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP). 

Penganugerahan itu diterima langsung oleh Jusuf kalla dalam rapat senat terbuka di Auditorium UNP, Air Tawar, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (5/12/2019).

Dalam orasi ilmiahnya JK mengaku sangat senang berbicara tentang peningkatan mutu pendidikan dan optimis Indonesia bisa mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu atau berkualitas tinggi.


"Negara kita dapat mencapai kemajuan berkat pendidikan nasional yang bermutu tinggi. Tanpa itu kita tidak mampu memiliki sumber daya manusia unggul dan kompetitif di tengah persaingan internasional," terangnya.

JK mengatakan pendidikan nasional diselenggarakan oleh negara dalam bentuk sekolah-sekolah negeri dan swasta. Ia menambahkan pendidikan yang baik hanya bisa dijalankan di negara yang ekonominya juga baik dan bertumbuh.

"Kita tidak bisa berbicara banyak tentang kemajuan pendidikan jika tingkat ekonomi masih rendah atau tidak bertumbuh dengan baik. Sebaliknya, ekonomi yang maju hanya dapat dicapai dengan SDM dengan pendidikan yang baik bagi warganya. Jadi, ada lingkaran yang bertumpu pada peningkatan SDM bangsa melalui pendidikan," ulas JK. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018