Ilustrasi anak-anak penyu. (Foto: Ist.)


Pariwisata

Jumlah Kunjungan Wisata ke Kota Pariaman Meningkat di 2019

PARIAMAN (SumbarFokus)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Alfian di Pariaman, Selasa (18/2/2020) menyatakan bahwa kunjungan wisatawan ke kota tersebut naik sekitar 600 ribu kunjungan pada 2019 atau menjadi 3,8 juta dari 2018 yang hanya mencapai 3,2 juta.

“Kunjungan itu didominasi ke Pantai Gandoriah dan Pulau Angso Duo lalu ke sejumlah objek wisata lainnya di Pariaman," kata  Alfian.

Jumlah kunjungan tersebut, dikatakan, dicatat melalui petugas di lapangan lalu dirangkum selama setahun. Namun, kunjungan tersebut sebagian besar masih bersifat lokal atau berasal dari sejumlah daerah di Sumbar.


"Karena itu saat ini janji fokus mempromosikan pariwisata di Pariaman ke provinsi tetangga dan daerah lainnya," ujar Alfian.

Disampaikan, meskipun pihaknya menginginkan jumlah kunjungan ke Pariaman meningkat pada 2020 namun saat ini pihaknya lebih berupaya meningkatkan kualitas pelayanan wisata.

"Berdasarkan perintah presiden agar saat ini tidak mengejar jumlah kunjungan namun kualitasnya, inilah yang sedang kami terapkan di Pariaman," sebutnya.

Pihaknya menyebutkan saat ini di daerah itu terdapat sejumlah objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Adapun objek wisata itu yaitu di antaranya Pantai Gandoriah, Tugu Angkatan Laut, Pulau Angso Duo, Taman Anas Malik, Pantai Kata, Pantai Cermin, penangkaran penyu, dan trek mangrove.

Selain itu di daerah itu juga terdapat objek wisata baru yang juga menarik wisatawan yaitu Talao Park Pauh yang memiliki tema kota tepi air, Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, dan desa wisata Tungkal Selatan.

Di kota tersebut juga terdapat event wisata yang dapat memancing kunjungan wisatawan, misalnya Pesona Gandoriah. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      kota-pariaman