Suasana Bimtek Jitu Pasna Angkatan V BPBD Sumbar hari ke-3, Padang, Rabu (22/9/2021). (Foto: NEDIA PUSPITA)


Lain-lain

Jumlah Bencana di Indonesia Meningkat Hingga Tiga Kali Lipat Sejak 30 Tahun Terakhir

PADANG (SumbarFokus)

Dalam kesempatan Bimtek Jitu Pasna, Rabu (22/9/2021), di Padang, diungkapkan oleh Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI NU) Kabupaten Malang Rurid Rudianto bahwa selama tiga dasawarsa terakhir, terjadi 350 persen peningkatan jumlah bencana alam di Indonesia. Diperkirakan, kondisi ini bisa terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan, yang tentunya bisa berdampak pada perumahan/pemukiman warga, infrastruktur, ekonomi, sosial, dan lintas struktur. 

"Bencana akan berdampak lebih besar di negara miskin dan sedang berkembang," sebutnya.

Ditambahkan, Sumatera Barat (Sumbar), terutama Kota Padang, termasuk salah satu wilayah yang rawan bencana. Untuk itu, Kota Padang harus siap dan tahu konsep dasar pengkajian kebutuhan pascabencana guna menghadapi tren bencana ke depan.


Bentuk tren bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi di Kota Padang sebagai daerah pesisir pantai, menurut dia, adalah tsunami, gempa bumi, gelombang ekstrim, dan erosi pantai. Tingkat risiko bencana di wilayah pesisir termasuk kelompok risiko tinggi dan sedang. Dikatakan, manusia juga punya pengaruh besar terhadap penyebab terjadinya bencana. Hal ini karena kurangnga kesadaran manusia untuk menjaga alam. 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      sumbar