Jubir Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal. (Foto: YEYEN)


Lain-lain

Jubir Satgas COVID -19 Sumbar tentang Penutupan GOR Agus Salim: Patut Kita Dukung!

PADANG (SumbarFokus)

Sabtu-Minggu pekan ini (23-24/1/2021), GOR H Agus Salim  di Padang, Sumatera Barat (Sumbar),  ditutup mulai dari pukul 05.00-10.00 WIB dari aktivitas tertentu warga, seperti berjualan dan berolahraga.  Penutupan GOR H Agus Salim yang ada di Kota Padang ini dilakukan karena lokasi tersebut sering dipergunakan masyarakat untuk aktivitas yang mengundang kerumunan seperti berolahraga dan berjualan. 

Terkait hal ini, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal menegaskan bahwa keputusan tersebuf perlu mendapat dukungan dari segenap masyarakat.  

"GOR itu Kita lihat, Sabtu-Minggu sekarang itu tidakk terkontrol. Ada yanh berolahraga tanpa prokes, jualan, tanpa kontrol. Dari Satgas, termasuk kepolisian, melihat kondisi sekarang, mobilitas sangat tinggi di situ. Ada kesimpulan, Kita perlu menutupnya. Kita menghidari kerumunan," ujar Jasman, Jumat (22/1/2021).


Menurut Jasman, keramaian yang tercipta di kawasan tersebut di hari Sabtu dan Minggu setiap pekannya sangat ramai dan mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Oleh karena itu, jika keputusan ini tidak diambil, kondisi berkembangnya wabah COVID-19 di Sumbar bisa terus jadi tidak jelas.

"Kita tidak tahu, saat berkumpul, Saya yakin, pasti ada yg positif. Nanti dia pulang (bisa menyebarkan virus). Kalau tidak dilakukan pencegahan speperti itu, sampai kapan COVID-19 ada di Sumbar," Jasman memberi penekanan.

Untuk keberlanjutan pelaksanaan penutupan GOR tersebut, Jasman mengatakan akan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi

"Bisa jadi diperpanjang lagi. Kita lihat nanti," kata dia.

Senada, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar HM Nurnas juga mengimbau masyarakat untuk mendukung keputusan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ini.

"Tutup GOR H Agus Salim sementara waktu itu cukup positif dan pasti berdampak menekan penyebaran COVID-19. Karena kerumunan orang menjadi makan empuk penyebaran virus corona, terutama dunsanak kita yang membawa virus dengan status OTG (red-orang tanpa gejala)," ujarnya.

Menurut Nurnas, pihak Polda Sumbar dan jajaran Satgas Penanganan COVID-19 Sumbar mengambil keputusannnya tentu didasari statistik angka pasien terinfeksi COVID-19.

Kita Peduli!

"Saya berharap kebijakan tutup GOR H Agus Salim sementara waktu, yakni Sabtu-Minggu besok, masyarakat seharusnya mendukung," kata Nurnas.

HM Nurnas sendiri memastikan sangat mendukung tutup aktivitas GOR pada hari dan jam ditentukan itu oleh Polda Sumbar.

"Kepada masyarakat mulai dari keluarga, mari kita tingkatkan disiplin dan patuh selalu pada Protokol COVID-19 dan salalu istiqomah dengan 3M (red-memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Semoga COVID-19 ini segera berlalu dari bumi yang kita cintai ini," harap Nurnas. (000)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      covidsumbar