Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai pertemuan dengan stakeholder di Padang, Selasa (15/1/2019). (Foto: Wahyu)


Olahraga

Jalan Khatib Sulaiman Padang akan Dijadikan Ikon CFD Sumbar

PADANG (SumbarFokus) - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan memiliki hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) yang akan digelar setiap minggunya di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang. CFD ini dilakukan dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB jalan sepanjang 2,6 kilometer kawasan tersebut untuk ruang berolahraga dan berbudaya.

"CFD ini dibuka 20 Januari 2019, mulai dari Masjid Raya Sumbar, hingga ke Rumah Makan Lamun Ombak, jalan tersebut bebas kendaraan bermotor setiap hari minggu" ucap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada SumbarFokus usai pertemuan dengan stakeholder di Padang, Selasa (15/1/2019).

Irwan menerangkan, Jalan Khatib Sulaiman akan dijadikan ikon CFD Sumbar yang motor penggeraknya secara bergantian oleh berbagai perusahaan. Bahkan, ia menilai CFD ini sangat bagus bagi masyarakat yang ingin berolahraga, sambil berekreasi dengan berbagai atraksi. Misalnya atraksi silat, randai, musik, karate, dan hiburan lainnya.

"Jadi untuk saat ini, CFD Khatib Sulaiman bakal jadi ikon di Sumbar, dengan mengundang berbagai komunitas, cabang olahraga dan kantor serta toko dan UMKM di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman untuk ikut serta agar lebih ramai," terangnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Adib Alfikri juga membenarkan, pada 20 Januari 2019 itu pihaknya akan meluncurkan CFD Khatib Sulaiman yang dimaksud. Dalam peluncuran tersebut, nantinya akan diadakan berbagai kegiatan seremoni dengan perusahaan BUMN dan BUMD yang terlibat.

"Kegiatan akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, sehingga bukan di Taplau dan GOR Agus Salim saja tempat CFD, bahkan sekaligus peserta akan bisa menukar kupon untuk mendapatkan hadiah," ujar Adib.

Adib memaparkan, kegiatan CFD Khatib Sulaiman tersebut, nantinya bukan hanya diisi dengan aktivitas olahraga, tapi juga ada penampilan atraksi budaya, pemungutan sampah, serta ada pesta rakyat. Salah satunya, di depan gedung sepanjang jalan tersebut akan banyak UMKM yang berjualan.

Kemudian terkait jalur alternatif, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Padang, dan pihak kepolisian. Bahkan dikatakannya pihaknya sudah melakukan survei terkait kepadatan dan lalu lintas Jalan Khatib Sulaiman, seperti mengalihkan jalur bus Trans Padang.

"Perkantoran di Jalan Khatib Sulaiman akan dijadikan tempat parkir dan area untuk UMKM berjualan. Tapi trotoar, badan jalan tidak boleh untuk berdagang, sehingga tidak semraut seperti di GOR Haji Agus Salim," pungkasnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018