Walinagari Lansano Taratak Nopen Hendri sedang berada di jalan sekitaran muara Surantih. (ist)



Jalan Digenangi Air, Masyarakat Muara Suratih Mengeluh

PAINAN (SumbarFokus)

Jalan sepanjang satu kilometer menuju Muara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), selalu digenangi air ketika musim hujan.

Menurut Walinagari Lansano Taratak Nopen Hendri di Surantih, Kamis (15/11/2018), jalan tersebut mesti ditingkatkan karena menyokong perekonomian ratusan masyarakat setempat.

"Jalan sepanjang lebih kurang satu kilometer mesti ditingkatkan karena ketika musim hujan jalan ini selalu digenangi air," kata dia.


Ia mengatakan, jalan itu merupakan satu-satunya akses bagi ratusan warga setempat baik bagi mereka yang berprofesi sebagai nelayan ataupun pembuat ikan teri setiap harinya.

“Jalan ini juga menjadi akses bagi puluhan kendaraan roda empat untuk mengangkut ratusan ton ikan baik pada malam maupun siang harinya,” kata Nopen Hendri.

Ikan yang dibawa dengan mobil itu kata dia, tidak hanya dipasarkan di kabupaten dan provinsi setempat namun juga diangkut dan dipasarkan di provinsi lain di Pulau Sumatera seperti Jambi, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung dan lainnya.

"Jika dibandingkan dengan perputaran uang di lokasi, jalan yang ada saat ini memang tidak memadai," katanya.

Ia mengaku tidak berani mengalokasikan dana desa/nagari untuk perbaikan jalan itu, karena status jalan merupakan jalan kabupaten.

Namun katanya, jika jalan ini berstatus sebagai jalan nagari dia berani untuk melakukan perbaikan.

“Jika jalan ini berstatus sebagai jalan nagari, sejak awal saya menjabat dipastikan pembangunan jalan akan tuntas," katanya.

Namun demikian kata dia menambahkan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan pejabat kabupaten dan anggota DPRD setempat, meski saat ini belum membuahkan hasil. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018