Ketua Umum Ikatan Alumni UT, yang juga merupakan Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko, ikut menghadiri UPI UT Padang secara daring, sekaligus melatik Pengurus Wilayah Ikatan Alumni UT Padang, Minggu (29/11/2020). (Foto: YEYEN)


Pendidikan

Inovasi PJJ Terdepan, UT Terbukti Jadi Leader Institusi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Indonesia

PADANG (SumbarFokus)

Terus membuktikan dirinya sebagai institusi pendidikan tinggi jarak jauh yang memimpin dan menjadi rujukan di Indonesia, Universitas Terbuka berhasil mencetak para lulusan yang berkualitas. Seperti yang dilakukan Minggu (29/11/2020) pagi oleh UT Padang, diadakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) bagi 251 orang lulusan Diploma, S1, dan S2. Kegiatan dilakukan secara dalam jaringan (daring) karena suasana wabah COVID-19 yang belum usai.

Kegiatan yang mengusung tema UT Terdepan dalam Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh tersebut dihadiri juga oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dan Ketua Umum Ikatan Alumni UT Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Dalam kata sambutan Rektor UT Ojat Darojat, yang  dibacakan oleh Wakil  Rektor Bidang  Keuangan  dan Umum Moh. Muzammil, disebutkan bahwa  keberadaan UT di masa  pandemi  semakin memantapkan jati dirinya  sebagai  leader  institusi  Pendidikan  Tinggi Jarak  Jauh  (PTJJ)  di Indonesia. Ini karena pengalaman UT selama 36 tahun, yang telah menerapkan sistem belajar jarak jauh dengan  memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. 


“UT  sudah  selangkah lebih maju dalam  melakukan  online  learning, sementara  perguruan tinggi lain baru memulainya,” sebutnya.     

Dikatakan, pandemi  COVID-19 telah  memaksa  institusi pendidikan  tinggi lainnya  di luar UT beradaptasi  dalam melakukan kegiatan pembelajaran, karena  pembelajaran  tidak  mungkin  dilakukan  dengan  cara-cara konvensional seperti  yang  selama  ini  mereka  terapkan. 

Inovasi  teknologi  Pembelajaran  Jarak  Jauh  yang  telah dikembangkan,  membuktikan  bahwa  UT  tidak  gamang  beradaptasi  dengan  tatanan  kebiasaan baru  dalam  melakukan  kegiatan  pembelajaran  online  learning. 

Berbagai  ragam  layanan bantuan  belajar juga   telah  disediakan  untuk  menjangkau  mahasiswa  yang  tidak  terjangkau,  yang tersebar  di  seluruh  pelosok  negeri,  bahkan  di  luar  negeri  yang  tidak  dapat  dilayani  dengan cara-cara  konvensional.  Kenyataan  tersebut  semakin  memperkuat  kewibawaan  UT  untuk dapat  memberikan  layanan  pendidikan  yang  berkualitas  serta  menghasilkan  lulusan  yang dapat berdaya  guna  dan berdaya  saing   di masyarakat.  

Disampaikan juga, untuk  menjamin  setiap  lulusan  UT  memperoleh  pengalaman  belajar    yang  optimal  sesuai dengan  profil  kualitas  lulusan  yang  telah  ditetapkan,  UT  telah merancang  peningkatan  kualitas  kurikulum  yang  semakin  baik,  serta  senantiasa  melakukan pengawalan kualitas secara  jelas terhadap  bahan  ajar,  proses pembelajaran,  dan evaluasi hasil belajar  yang  dikendalikan  melalui  sistem  penjaminan  kualitas  internal  yang  sangat  ketat sehingga  mutu lulusan  UT  dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.   

Rektor menyebutkan bahwa  sebagai etalase  Pendidikan Tinggi Jarak Jauh  di Indonesia,  UT telah  memiliki  beragam  jenis  layanan  bantuan  belajar  online learning  yang  sesuai dengan kebutuhan  dan  gaya  mahasiswa  masa  kini,  seperti  Tutorial Online  (Tuton), Tutorial  Webinar  (Tuweb), Tutorial Radio, dan tutorial TV. 

Kita Peduli!

“Demikian juga untuk  mengukur  capaian  kompetensi mahasiswa,  tersedia beragam jenis ujian  yang  dapat dipilih, seperti ujian  paper based, ujian  online,  dan  ujian  online  proctoring.  Dari sisi  produk akademik, mahasiswa  dapat memanfaatkan bahan  ajar  digital, bahan  ajar  digital interaktif, bahan ajar bagi mahasiswa  yang  berkebutuhan khusus,  di  samping  bahan  ajar  cetak.  Semua fasilitas dan layanan  yang  tersedia, dikembangkan dengan  memanfaatkan  kemajuan teknologi, sehingga  daya  jangkau UT  semakin meluas dan  dapat dirasakan  manfaatnya  oleh mahasiswa,” paparnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Ikatan Alumni UT Jenderal TNI  (Purn) Moeldoko juga menyampaikan pesan kepada para lulusan, agar semakin memiliki kebanggaan terhadap UT. Kebanggaan ini juga karena UT telah menjadi rujukan bagi universitas lain dalam hal pendidikan jarak jauh, selain menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Saya bangga menjadi mahasiswa Universitas Terbuka. Saya menikmati dengan baik pendidikan itu, yang pada akhirnya bisa menghantarkan Saya kuliah S2, S3. UT telah bekerja dengan baik,” tegas Moeldoko.

Ketua Umum Ikatan Alumni Moeldoko, yang juga merupakan Kepala Staf Kepresidenan RI tersebut, saat itu juga melantik Pengurus Wilayah  Ikatan Alumni  UT  Padang.

Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, secara daring, menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian dan kinerja yang dilakukan UT Padang.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Sumbar, Saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya UPI Padang. Semoga momentum UPI ini semakin membangkitkan tekad dan semangat civitas akademika. Semoga ke depannya UT makin jaya,” support Gubernur.

Di  sela-sela  acara, dilakukan juga penandatanganan  Perjanjian Kerja  Sama  (PKS)  antara  UT Padang dengan Walikota Padang, dalam upaya  peningkatan  kualitas  penyelenggaraan pendidikan  di  Kota  Padang.  (000/003)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020