Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Ini Perubahan Jadwal Penerbangan di Bandara Pasbar

SIMPANG EMPAT (SumbarFokus)

Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra, mewakili  Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) Rizaldi, mengatakan bahwa jadwal penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat mengalami perubahan , yang biasanya setiap Jumat, sekarang menjadi setiap Rabu dalam sepekan.

Namun dmeikian, rute penerbangan dan jadwal keberangkatan tetap tidak berubah yakni Pekanbaru-Pasaman Barat pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru pukul 10.20 WIB.

"Perubahan jadwal itu langsung keluar dari maskapai penerbangan Susi Air. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahaminya," ujar Eva.


Dijelaskan, perubahan jadwal dilakukan untuk menyesuaikan rute penerbangan reguler subsidi perintis di 13 bandara di bawah wilayah KPA Dabo Singkep tahun anggaran subsidi penerbangan perintis APBN 2021. Selain itu, juga untuk mengsingkronisasikan rute penerbangan perubahan jadwal dari hari Jumat ke hari Rabu itu pun belum tentu tetap, dengan alasan biasanya diawal tahun ada evaluasi penerbangan angkutan perintis.

Eva mengimbau seandainya melonjak volume penumpang di Bandara Pusako Anak Nagari maka menjelang evaluasi akan ada perubahan kembali baik jadwal hari ataupun bertambah hari.

"Mohon dukungan masyarakat Pasaman Barat atau masyarakat perantau Pekanbaru Riau. Mari kita ramaikan dan manfaatkan angkutan udara perintis," ajaknya.

Untuk ongkos juga tidak ada perubahan. Rute Pasaman Barat-Pekanbaru tarif tetap Rp311.100, dan Pekanbaru-Pasaman Barat Rp356.100.

Menurutnya sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat. Ditekankan, akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh sembilan jam perjalanan. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      pasaman-barat