Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, foto bersama wisman China asal Kunming, Provinsi Yunan, usai salat Zuhur berjamaah di Masjid Raya Sumbar, Rabu (29/2/2020). (Foto : Ist.)


Pariwisata

Ingin Dengar Azan, Turis China Salat di Masjid Raya Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Ingin mendengarkan lantunan azan berkumandang, lima belas orang turis asal Kunming, Provinsi Yunan, China, sengaja menunaikan salat Zuhur berjamaah di Masjid Raya Sumbar, Rabu (29/1/2020). Menurut pendamping para turis tersebut, Muhammad Zuhrizul, para turis tersebut mengaku tidak pernah mendengar suara azan di kotanya.

"Mereka ada lima belas orang, yang mana kedatangannya ke Masjid Raya Sumbar ini bertujuan ingin mendengar azan, sebab di China mereka tidak pernah mendengar azan. Mereka ini menabung uang agar bisa salat di Masjid Raya Sumbar. Alhamdulillah, hari ini dapat kita tunaikan," katanya.

Bahagianya, di siang itu, tak terduga mereka bertemu dengan orang nomor satu di Sumatera Barat, Gubernur Irwan Prayitno, yang juga menunaikan Zuhur berjamaah di masjid ikon Sumbar tersebut.


Dalam kesempatan itu, para turis bahkan menyampaikan permohonan maaf jika sudah mengusik kenyamanan masyarakat Sumbar, terkait kekhawatiran masyarakat Sumbar jika mereka membawa virus yang saat ini sedang sangat ditakuti oleh masyarakat dunia. Namun, disampaikan juga, mereka paham akan kekhawatiran masyarakat Sumbar.

Dalam kesempatan itu, para turis berbicang hangat dengan Gubernur Sumbar. Menahan perasaan haru, Gubernur merespon dalam pembicaraan yang dipandu oleh penerjemah tersebut. Suasana ukhuwwah islamiyah kental terasa, para turis menyatakan berbahagia bisa melaksanakan ibadah di Masjid Raya Sumbar.

"Untuk hari ini tidak ada lagi agenda kunjungan dan mereka ini langsung kembali ke hotel," kata pemandu, Muhammad Zuhrizul. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      pariwisatasumbar