Bupati Tanah Datar Eka Putra mengunjungi keluarga korban kecelakaan bus di kediaman. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Ingatkan PO Bus Gumarang untuk Bertanggungjawab, Bupati Juga Imbau Bus-bus Kurangi Kecepatan Melewat

BATUSANGKAR (SumbarFokus)

Dari kejadian kecelakaan bus Gumarang yang menyebabkan beberapa bocah meninggal dunia di Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Tanah Datar Eka Putra mengingatkan agar Perusahaan Oto (PO) BUS Gumarang Jaya bertanggungjawab atas kejadian tersebut, Kamis (15/4/2021). Ini disampaikannya saat mengunjungi umah duka korban kecelakaan lalulintas di Nagari Pitalah, Kecamatan Batipuh.

Selain itu, Bupati juga menekankan agar setiap bus yang melintasi Tanah Datar mengurangi kecepatan. Dia juga berharap pihak asuransi segera menyelesaikan hak-hak yang harusnya diterima keluarga korban.Bupati Tanah Datar.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati mengatakan turut berduka cita atas peristiwa yang merenggut nyawa para bocah generasi penerus di Tanah Datar itu. Ia juga memberikan semangat dan dukungan kepada keluarga para korban agar sabar dan ikhlas serta bisa menerima semua cobaan tersebut, dan semoga kehadirannya bersama rombongan menjadi sitawa sidingin bagi keluarga korban.


"Insyaallah anak-anak kita calon penghuni surga dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar bisa sabar dan ikhlas dengan ujian yang sangat berat ini." ujarnya.

Diketahui sebelumnya, kecelakaan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Gumarang Jaya terjadi di Jalan Umum Padang Panjang-Solok, Tanah Datar. 

"Mobil diduga kehilangan kendali lalu menabrak lima pelajar, tiga diantaranya meninggal dunia dan dua orang lainnya dirawat di rumah sakit," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Padang Panjang AKP Dedi Antonis dihubungi dari Padang, Kamis. Sementara, sopir bus Gumarang Jaya yang diketahui bernama Romi Julianto (38) telah diamankan polisi berikut kernetnya.

Kejadian berawal ketika Bus Gumarang Jaya dengan nomor polisi BE 7320 CU datang dari arah Padangpanjang menuju ke Solok.

Saat itu bus tersebut diketahui tengah membawa sembilan orang penumpang di dalamnya, dan beriring-iringan dengan AKAP lain di depannya. Sampai di lokasi kejadian, Jalan Umum Padang Panjang – Solok, Jorong Baringin, Pitalah, Tanah Datar sekitar pukul 10.00 WIB, bus yang ada di depan diduga melakukan rem mendadak. Akibatnya sopir bus Gumarang Jaya membanting stir ke sisi kanan jalan lalu menabrak lima korban yang tengah berada di trotoar. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020