Bupati Agam Indra Catri tekankan masyarakat agar menghindari kerumunan dan menjaga kebersihan diri serta kesehatan. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Indra Catri Wanti-wanti, Warga Hindari Kerumunan dan Jaga Kesehatan

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Berdasarkan perkembangan terkini, suasana wabah COVID-19 yang semakin merebak di Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Agam Indra Catri tak bosan mengingatkan pada warga agar tidak keluar rumah sementara waktu dan menghindari kerumunan orang banyak.

Disebutkan, Pemkab Agam sangat mendukung keputusan pembatasan pergerakan regional yang ditetapkan Pemerintah Provinsi.

Selama sepuluh hari terakhir, dinyatakan oleh Bupati, sekitar 1.500 orang masuk ke daerah itu, walaupun sudah ada surat imbauan dari Gubernur setempat.


"Mereka itu perantau di luar Sumbar dan warga daerah lain yang bekerja ke Agam," kata Bupati, Senin (30/3/2020).

Kedatangan mereka itu, dikhawatirkan potensial membawa virus, dan jadi ancaman sekaligus tantangan bagi Pemkab Agam untuk mencegah penyebaran COVID-19, mengingat bahwa mereka yang datang tidak tertutup kemungkinan sudah terpapar COVID-19 dan menularkannya di kampung mereka masing-masing.

“Kami sudah mendeteksi kasus tersebut terjadi di beberapa tempat,” katanya.

Pemkab Agam mengerahkan tim gabungan yang tang terdiri dari Dinkes Agam, BPBD, Satpol PP Damkar, TNI, Polri dan lainnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang bus AKAP dari luar Sumbar.

Bagi yang terindikasi COVID-19, tambahnya, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas terdekat.

"Mereka diminta untuk melakukan karantina selama dua minggu di rumah,” katanya.

Kita Peduli!

Kepada warga semuanya, Bupati mengimbau juga, bagi yang baru keluar rumah, segera mengganti pakaian dan mandi. Menjaga kesehatan dengan mengkosumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari dalam menjaga daya tahan tubuh.

Apabila sakit, segera berobat ke puskesmas dan rumah sakit terdekat. Petugas kesehatan akan memantau, memeriksa, mengobati dan merujuk pasien itu. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam