Indra Catri menyerahkan berkas kepada Martias Wanto Dt. Maruhun, dalam acara serah terima tugas dari Bupati Agam 2016-2021. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Indra Catri Pamit dari Posisi Bupati Agam, Martias Wanto Lanjutkan Estafet Sementara

AGAM (SumbarFokus)

Rangkaian panjang perjalanan Bupati Agam, Indra Catri untuk menjabat sebagai Bupati Agam kedua kalinya berakhir. Hal ini seiring digelarnya acara serah terima tugas dari Bupati Agam 2016-2021, Indra Catri kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto Dt. Maruhun sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati, Selasa (16/2/2021).

Ketua DPRD Agam Novi Irwan dalam sambutannya memuji kehebatan Indra Catri memimpin Agam.

"Selama memimpin Agam sangat banyak kemajuan dan prestasi yang ditorehkan kakanda Indra Catri dan Trianda Farhan. Saya ucapkan terimakasih atas kinerja yang sudah dilakukan selama ini dalam memajukan Kabupaten Agam," sebut Novi Irwan.


Indra Catri menandatangani berkas acara Serah Terima Tugas. (Foto: Ist.)

Dikatakan, kedua pemimpin Agam ini telah mampu merubah Agam dengan signifikan, tidak hanya pembangunan pisik tapi mental spiritual masyarakatnya ikut terbangun. Mulai dari pinggiran sampai ke ibukota Kabupaten Agam. Bahkan, keberhasilan yang diperlihakan Indra Catri tidak hanya sukses mewujudkan pembangunan pisik di seluruh wilayah kabupaten Agam, terutama dengan dibangunnya sarana jalan yang memadai, sarana pendidikan, sarana kesehatan, jaringan irigasi, peningkatan mutu SDM sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah dalam aspek pelayanan pendidikan, pelayanan keagamaan, pelayanan kesehatan dan pelayanan ekonomi.

Termasuk di pusat pemerintahan Kabupaten Agam, di Lubuk Basung, sejak menjabat Bupati Agam, kemajuan Lubuk Basung melesat pesat, dibuktikan dengan dibangunnya berbagai sarana perkantoran, sarana kesehatan dengan hadirnya RSUD Lubuk Basung yang kian megah, sarana pendidikan, penataan areal perkantoran yang terkonsentrasi di satu titik di Padang Baru, pembangunan sarana olahraga, taman kota dan arena bermain anak-anak yang saat ini sudah dinikmati masyarakat.

Kepada Indra Catri nantinya, Ketua DPR Agam ini berharap sumbangsih pemikiran dan dukungan ilmu serta pengalaman untuk pembangunan agam ke depan.

"Kepada pejabat baru, Bapak Martias Wanto Dt. Maruhun saya ucapkan selamat bertugas,” ujar Novi.

Kita Peduli!

 

Indra Catri dalam pidatonya menyampaikan pencapaian beberapa target kinerja RPJMD 2016-2021, yakni telah telampauinya beberapa target RPJP Kabupaten Agam Tahun 2005-2025; terlampauinya target peningkatan pendapatan per kapita, capaian tahun 2020 sebesar Rp29,75 juta, dari target tahun RPJP sebesar Rp22,8 juta; dan terlampauinya target angka pengangguran, capaian tahun 2020 sebesar 4,61 persen, dari target tahun 2025 sebesar 5 persen.

Laju pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target RPJP antara 4 sampai 6 %, capaian lima tahun terakhir rata-rata 5 persen. Peningkatan capaian IPM Kabupaten Agam tahun 2020 menjadi 72,46, dimana pada tahun 2019 sebesar 72,3.

"Alhamdulillah kita telah berhasil membangun fasilitas layanan pemerintahan yang layak dan proporsional, berupa Puskesmas, Kantor Camat, kantor Badan dan Dinas Pemda, taman publik dan sarana layanan publik lainnya," sampai Indra Catri.

Ditambahkan, angka kemiskinan tidak terpengaruh COVID-19, dimana tingkat kemiskinan Kabupaten Agam tetap sama dengan kondisi tahun 2019 yaitu sebesar 6,75 persen.

Indra Catri juga mengapresiasi rekanan yang bersedia melanjutkan kegiatan dilakukan mekanisme tunda bayar pada APBD 2020.

Refocussing dan realokasi sebagian besar alokasi anggaran untuk penanganan dampak COVID-19, yang ditujukan untuk penanganan dampak kesehatan, ekonomi dan jaring pengaman sosial masyarakat. Hal ini merupakan tantangan pelaksanaan pembangunan ke depan.

Suasana acara Serah Terima Tugas dari Bupati Agam 2016=2021. (Foto: Ist.)

"Pandemi belum jelas berakhir, kita harus selektif dan fokus pada pengembangan potensi lokal yang memiliki daya ungkit terhadap peningkatan pendapatan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Indra Catri juga berpesan agar pembangunan Agam terus dijalankan dan ditingkatkan.

"Hari ini saya pamit, maafkan kekhiafan kami dan lupakan segala kesalahan kami. Saya titipkan negeri ini, tolong lanjutkan pembangunan Agam ini melebihan apa yang kami perbuat," tuturnya.

Sementara, Asisten I Sekab. Agam Rahman menyatakan, masa kerja plh. Bupati Agam masih belum bisa ditetapkan, karena hal itu sepenuhnya masih menunggu proses dan instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat.

Penandatanganan berkas oleh Ketua DPRD Agam Novi Irwan menandatangani berkas. (Foto: Ist.)

"Kemungkinan sampai ada keputusan penetapan penjabat sementara atau kepala daerah defenitif, hal itu masih dalam proses ditingkat pusat," sebut Rahman.

Selain disaksikan ketua DPRD Agam Novi Irwan dihadiri seluruh unsur Forkopimda Agam, kepala OPD Pemkab.Agam, seluruh camat dan tokoh masyarakat secara terbatas sesuai protokol kesehatan. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      agam