Masyarakat diimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. (Foto: Wahyu)



HUT RI, Gubernur Sumbar Imbau Masyarakat Pasang Bendera Sebulan Penuh

PADANG (SumbarFokus)

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-37 Republik Indonesia, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di setiap halaman rumah.

“Kita meminta kepada seluruh masyarakat untuk menyambut perayaan HUT ke-37 RI ini dengan penuh suka cita, misalnya memasang Bendera Merah Putih, harganya murah kok,” sebut Irwan di Padang, Senin (30/7/2018).

Disebutkan, hal itu sebagai bentuk rasa nasionalisme dan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Saya tengah mempersiapkan Surat Edaran-nya untuk mengimbau seluruh pihak memperingati HUT ke-37 RI ini. Kalau bisa dari awal Agustus, Bendera Merah Putih harus berkibar sebulan penuh," katanya.

Menurut Irwan, dengan memasang atribut-atribut kemerdekaan itu, gairah dan jiwa nasionalisme masyarakat akan bangkit sebagai anak bangsa.

"Negara kita sudah berusia 73 tahun tentu bukanlah usia yang muda lagi. Pejuang kita dulu merebut kemerdekaan dengan susah payah. Jadi, kita wajib untuk menjaga kemerdekaan ini dengan meningkatkan jiwa nasionalisme," tuturnya.

Dia juga meminta  Bupati/Walikota agar menginstruksikan kepada masyarakat di daerahnya masing-masing untuk memasang Bendera Merah Putih ini.

"Kepada pemerintah kota/kabupaten, harus memberikan himbauan, bisa melalui pengumuman tertulis maupun pakai pengeras suara dengan mobil berkeliling ke rumah-rumah warga. Perayaan Kemerdekaan ini mesti kita hebohkan," tegasnya.

Berdasarkan pantauan SumbarFokus, menjelang HUT ke-37 RI ini, para penjual atribut 17 Agustus-an sudah mulai menjajakan jualannya. Harganya pun beragam, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp60 ribu, tergantung ukurannya.

“Harga bendera lumayan murah, masa nggak mampu beli. Pejuang kita dulu berkorban nyawa merebutnya,” kata Irwan. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018