Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka Rako Bakohumas Sumbar 2018 di Gedung Rohana Kudus Padang, Kamis (1/11/2108). (Foto: Wahyu)



Humas Diminta Profesional dan Proporsional

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyebut peran bidang Hubungan Masyarakat (Humas) di lingkungan lembaga atau instansi sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Pasalnya, Humas merupakan corong informasi utama pemerintahan bagi publik.

"Peran Humas tidak boleh disepelekan, apabila Humas salah memberikan informasi akan terjadi kesalahan beruntun bagi media yang mengutip dan terjadi kegaduhan di tengah masyarakat," kata Irwan Prayitno pada SumbarFokus.

Berdasarkan itu pula kata dia menambahkan, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Bakohumas Provinsi Sumbar, Kamis (1/11/2108), dia kembali mengingatkan peran penting Humas.


Ia mengingatkan, Humas harus profesional dalam bekerja dan proporsional dalam menyajikan informasi. Terutama sekali, Humas tidak boleh memberi informasi yang tidak benar atau ikut-ikutan menyebar hoax.

Dalam Rakor Bakohumas Provinsi Sumbar 2018 itu kata Irwan, dia juga menyampaikan Humas sebagai corong informasi harus bisa membangun komunikasi dengan semua pihak, sehingga segala kebijakan dan program pemerintah bisa disajikan bagi khayalak ramai.

Dikatakannya, peran Humas juga banyak yang bisa dimainkan, baik tentang kebijakan, program, kritikan, saran, termasuk menangkal hoax dengan menyajikan informasi yang sebenarnya. Apalagi katanya, saat ini banyak media yang menyebar hoax tanpa data dan tanpa dasar yang benar.

"Misalnya ada investor dari Cina yang menanam modal di Sumbar. Akibat media "menggorengnya" kemudian masyarakat ribut seakan-akan Sumbar dikuasai Cina, padahal program itu kebijakan pemerintah yang akan dijalankan pihak BUMN," papar Irwan.

Ia berpesan agar pihak Humas proaktif, tapi jangan ikut-ikutan terprovokasi dan memprovokasi. Melainkan Humas perlu melakukan sosialisasi kepada khalayak dan media yang ada, baik cetak, online, maupun media elektronik, apalagi terkait Pemilu 2019 yang sarat berbagai kepentingan politik.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk lebih dewasa dan matang dalam menyikapi informasi yang ada, jangan ditelan mentah-mentah. Jika ada yang membuat hoax harus ditindak tegas," pesan Irwan.

Sementara Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Pemrov Sumbar Jasman Rizal menambahkan, Rakor Bakohumas itu bertemakan ; "Peran Humas dalam Menciptakan Pilpres dan Pileg 2019 yang Damai".

Rakor ini kata dia, ini untuk menyamakan visi dan misi Humas seluruh pemerintahan di Sumbar. Terutama terkait menyampaikan informasi yang benar dan berimbang.

"Humas harus menyampaikan sesuatu yang benar, objektif, informatif, dan humas untuk mendingin suasana, tujuannya juga dalam rangka percepatan pembangunan," sebut Jasman.

Selain itu kata dia, Rakor Bakohumas ini untuk saling berbagi informasi bagi setiap Kepala Humas di daerah kabupaten/kota. Dengan tujuan agar Humas lebih reaktif, terutama terkait berbagai informasi yang beredar yang tidak mutlak semuanya benar.

"Humas dan pemerintah bukan anti kritik. Tapi bagi orang cerdas pasti kritiknya diakhiri solusi dan bukan menghujat belaka. Tapi yang perlu diingat, bagian Humas 'haram' ikut politik aktif," tegas Kabiro Humas Pemprov Sumbar ini.

Sementara Kepala Humas Divre II PT Kereta Api Indonesia (KAI) Zainir, sangat mengapresiasi kegiatan Rakor Bakohumas ini. Baginya peran Humas memang penting dalam membantu pelurusan informasi hoax di media massa dan media sosial yang semakin marak akhir-akhir ini.

"Semoga setelah Rakor Bakohumas ini setiap Humas bisa saling berbagi informasi, agar semuanya tidak tertinggal informasi. Jangan sampai Humas justru membuat kegaduhan di masyarakat bawah," pungkas Zainir. (005)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      padangsumbar