Jajaran Pemkab Pasaman Barat dan Polres setempat berkolaburasi melakukan antisipasi penyebaran corona. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Heboh Warga Pasbar Suspect COVID-19, Pemkab Pasbar Tegas Membantah

SIMPANG EMPAT (SumbarFokus)

Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat membantah ada warganya suspect Corona Virus Disease (COVID-19).

"Satu orang warga Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang yang pulang dari Malaysia dua hari lalu sampai saat ini negatif. Namun dalam pengawasan kami," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Jon Hardi di Simpang Empat, Minggu (15/3/2020).

Sementara itu ada seorang warga Silaping Kecamatan Lembah Melintang dengan gejala batuk, sesak nafas dan tanpa demam dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Jambak. Setelah diperiksa kemungkinan menderita Penyakit Paru obstruktif Konis (PPOK) bukan Covid-19.


"Kami berharap tidak ada kesimpangsiuran berita di tingkat masyarakat. Jangan panik," katanya.

Sementara itu Camat Lembah Melintang, Afwan meminta warganya tidak panik terkait adanya info Covid-19.

"Hingga saat ini berita itu tidak benar karana hasil pemeriksaan kesehatan negatif," katanya.

Manurutnya warganya itu baru pulang dari negara Malaysia mengantarkan istrinya. Saat mendarat dibandara maka sesuai SOP dari Imigrasi setiap warga yang datang dari luar negeri diperiksa dan dipantau.

"Berdasarkan hal itulah maka yang bersangkutan dalam pantauan dan disarankan tidak keluar rumah selama 14 hari karena dikhawatirkan membawa virus corona," katanya.

Bahkan warga itu telah memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Daerah Jambak Pasaman Barat dan hasilnya negatif.

Kita Peduli!

Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan sesuai SOP penanganan Covid-19 yang bersangkutan dalam pantauan selama 14 hari dan disarankan tidak keluar rumah.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan dan hasil pemeriksaan negatif. Namun tetap dipantau 14 hari. Jika nantinya ada gejala Covid-19 maka akan ditangani secara intensif," sebutnya.

Ia mengajak masyarakat tidak panik terhadap berita yang beredar. Mari tetap waspada dan menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan menjaga pola makan dengan makanan bergizi seimbang, sering cuci tangan, dan olah raga teratur. Disarankan juga agar masyarakat memakai masker jika ada gejala batuk, flu dan demam.

“Periksakan kesehatan segera jika ada gejala demam panas tinggi, batuk, sesak nafas ke fasilitas kesehatan serta tindakan-tindakan lainnya yang dianjurkan sesuai SOP Kesehatan,” pungkas dia. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018