Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Hasil Pemeriksaan 86 Sampel Uji Usap dari Manggopoh Negatif COVID-19

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Hasil 86 sampel swab  yang terdiri dari masyarakat, jajaran perangkat nagari Manggopoh, pegawai puskesmas Manggopoh termasuk karyawan PT. JAPFA, PT Kamu, dan PT BSS yang dikirim ke Laboratorium Unand semuanya negatif COVID-19.

Hal itu disebutkan Kepala Puskesmas Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Lidia Ira Wati, Jumat (7/8/2020), yang menjelaskan bahwa ke-86 sampel diambilnya secara bertahap pada 3 sampai 6 Agustus tersebut yang dikirim ke Laboratorium Unand, hasilnya telah diterima dan semuanya negatif.

Alhamdulillah, semua hasil swab yang kemarin sudah kita terima tadi pagi. Berdasarkan laporan surat resmi dari Laboratorium Unand semuanya negatif. Tinggal 16 sampel yang kita ambil tadi. Karena, jatah kita ditargetkan 102 orang,” jelas Ira


Sementara itu, untuk 16 sampel yang diambilnya tadi akan dikirim besok ke Laboratorium UNAND Padang.

Insyaallah besok kita kirim sampelnya, karena baru tadi siang selesai pengambilan,” terangnya.

Dijelaskan, pengambilan swab gratis ini bertujuan untuk mengidentifikasi setiap individu yang terinfeksi yang menjadi dasar untuk melakukan tracing.

“Ini merupakan intruksi dari Kemenkes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam untuk seluruh puskesmas. Ingin menentukan tingkat insiden COVID-19 di Kabupaten Agam. Sehingga, dengan begitu bisa memudahkan apakah kawasan tersebut zona aman atau tidak,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pengambilan sampel mungkin akan dilanjutkan karena masih ada permintaan dari sejumlah masyarakat dan pedagang yang ingin diambil swab-nya.

“Mungkin besok akan kita lakukan tes swab lagi. Kita bersyukur, hari ini partisipasi masyarakat cukup tinggi, walaupun kemarin sempat ada yang tidak mau,” jelasnya.

Kita Peduli!

Tingginya partisipasi masyarakat, berkat dukungan dari lintas sektor. Diantaranya, camat, wali nagari, wali jorong, dan Kapolsek serta Danramil. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam