Bencana tanah longsor di Bungtekab, Padang. (Foto: FAJAR SATRIA)


Bencana

Harta Benda Habis Tertimbun Longsor di Bungtekab, Paskalis Sangat Mengharapkan Bantuan

PADANG (SumbarFokus)

Perbukitan di RT 3 RW 5 Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami longsor. Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan longsor tersebut disebabkan oleh hujan yang terjadi beberapa hari ini.

"Kejadiannya malam sekitar pukul 2.00 WIB," ujar Sutan, Senin (13/7/2020).

Akibat longsor tersebut, satu unit rumah hancur terbawa longsor. Diketahui, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.


"Beruntung pemilik rumah beserta keluarganya sudah terlebih dahulu mengungsi," tuturnya.

Dijelaskan, longsor terjadi di kemiringan sekitar empat puluh lima derajat di kawasan perbukitan. Secara aturan yang berlaku, memang tidak dibolehkan adanya bangunan di situ.

"Kita sedikit mendapat masalah, karena tempat longsor berada di tengah bukit dan jalan untuk menuju ke titik longsor juga licin," sambungnya.

BPBD Kota Padang berkerja sama dengan instansi terkait untuk evakuasi material yang tertimbun seperti barang elektronik.

Sementara itu  pemilik rumah, Paskalis, mengatakan ia hanya bisa pasrah melihat kondisi rumahnya yang sudah rata.

"Saya bersama keluarga sudah tinggal sekitar dua minggu di rumah tersebut, Di rumah itu, ada enam anggota keluarga Saya. Untuk menyambung hidup, Saya berladang di kawasan perbukitan ini," kata Paskalis. 

Kita Peduli!

Sebelum longsor terjadi, dirinya beserta anggota keluarga sudah menyelamatkan diri ke tempat yang aman. Dan akibat kejadian tersebut, saat ini dia tidak memiliki apa-apa lagi. 

"Semua harta benda habis semua, yang tinggal hanya pakaian yang saya pakai sekarang. Rumah saya tidak ada lagi, uang saya untuk membangunnya tidak ada lagi. Saya berharap pemerintah akan membantu saya," tutupnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018