Pangkalan elpiji tiga kilogram Fadhel dan Gibran di Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan. (ist)



Harga Gas LPG 3 Kg di Pessel Capai Rp25 Ribu

PAINAN (SumbarFokus)

Beberapa waktu belakangan Liquified Petroleum Gas (LPG) yang biasa disebut elpiji 3 Kg susah didapatkan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar). Kalaupun ada harganya menebus angka Rp25.000 pertabung, padahal biasanya harganya sekitar Rp23.000 pertabung.

Seorang ibu rumah tangga Eni (43) yang tinggal di Nagari Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Selasa (23/10/2018) mengatakan, harga elpiji tidak menetap, sangat tergantung stok, padahal harga eceran tertinggi (HET) pangalan untuk daerah ini hanya Rp17.900 per tabung.

Menurut dia, harga elpiji Rp25.000 ditemukan di warung eceran bukan di pangkalan resmi, itu sudah berlangsung hampir sepekaan.


“Sayangnya di pangkalan elpiji itu selalu kosong, jadi kami terpaksa membeli di warung eceran," katanya.

Sementara Mardiana (53)  salah seorang karyawan Pangkalan Elpiji Endrizal menyebutkan pangkalan tempatnya bekerja menjual elpiji tiga kilogram sesuai aturan yakni sebesar Rp17.900, baik kepada pengguna maupun pedagang pengecer.

Mahalnya harga di tingkat pengecer, kata dia, besar kemungkinan disebabkan beberapa hal di antaranya tidak adanya aturan khusus bagi pedagang eceran.

“Kondisi ini menyebabkan mereka tidak memiliki batasan dalam menetapkan harga, tidak seperti pangkalan yang secara berkala diawasi. Hal inilah yang membuat mereka berani menjual elpiji dengan harga tinggi," kata dia.

Sementara Anjas (40), pemilik Pangkalan Elpiji Fadhel dan Gibran menyatakan, setiap pekan ia mendapat pasokan 100 hingga 150 tabung elpiji tiga kilogram.

“Pasokan ini akan habis sesuai permintaan masyarakat dan pedagang pengecer. Kadang cepat habis, kadang lama tergantung permintaan, semakin tinggi permintaan di pangkalan akan cepat habis," ujarnya.

Kita Peduli!

Ia menyatakan pangkalannya hingga saat ini tetap menjual elpiji tiga kilogram Rp17.900 sesuai harga resmi.

"Kami tidak berani menjual di atas harga resmi, karena akan berisiko jika diketahui oleh pengawas," kata dia. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020