Ilustrasi. (Foto: YEYEN)


Pendidikan

Guru Wajib Tahu, Ini Trik dari Pakar agar PJJ Sama Hasilnya dengan Pembelajaran Tatap Muka

PADANG (SumbarFokus)

Penjelasan dari Pakar Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Rusdinal untuk guru agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sama hasilnya dengan proses pembelajaran tatap muka berikut ini bisa diaplikasikan.

“Guru harus mendesain pembelajarannya lalu mengimplementasikannya. Setelah itu maksimalkan pola interaksinya serta harus ada feedback dari guru yang memadai terhadap yang dikerjakan anak,” ungkap Dekan FIP UNP tersebut di Padang, Jumat (18/9/2020).

Diterangkan, dalam PJJ harus ada feedback atau balikan terhadap latihan yang dikerjakan murid jadi guru punya peran yang sangat strategis juga disamping dukungan orang tua termasuk ketersediaan akses internet.


Kemudian, dalam mengupgrade kemampuan guru dalam hal IT serta memudahkannya dalam mendesain pelajaran tersebut bisa saja melalui kelompok kerja guru MGMP.

Terkait PJJ yang dilakukan guru melalui media yang berbeda-beda seperti Youtube, WhatsApp, Zoom dan lain-lain ia menyebut hal itu situasional.

“Penyeragaman media pembelajaran saya kira itu situasional karena kita juga harus mempertimbangkan akses internet yang dimiliki oleh murid tersebut, dan yang harus disadari adalah guru perlu melakukan pemetaan terhadap ketersediaan akses internet bagi murid-murid,” ulasnya.

Ditambahkan, guru atau dosen harus tahu persis misal dari 40 anak itu mana yang tidak bisa disamakan medianya. jadi nanti kalau disamakan dengan mengandalkan media seperti WA atau Youtube saja nanti anak ada yang dirugikan. Selain itu, berdasarkan dari pemetaan akses internet para murid itu nantinya guru bisa tau dan mencarikan solusinya.

Disarankan, sebaiknya guru menyediakan layanan individual kepada murid yang susah akses internetnya.

“Jadi guru atau dosen bisa saja melalui telephone atau vcall secara individual agar seluruh murid bisa tetap belajar sehingga PJJ dengan pembelajaran tatap muka hasilnya bisa sama,” pungkasnya. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020