Upacara bendera Hari Guru Nasional di Kepulauan Mentawai. (Foto: Hendrix Lumbanraja)


Pendidikan

Guru Harus Aktif Temukan Bakat Terpendam Murid

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Yudas Sabaggalet menyebutkan bahwa seorang guru harus aktif untuk menemukan bakat terpendam dari murid yang kurang percaya diri. Bakat terpendam ini bisa berkaitan dengan hobi, keinginan, atau bahkan kebiasaannya membantu teman yang sedang dalam kesulitan.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional di halaman Kantor Bupati Kepulauan Mentawai, Senin (25/11/2019). Upacara ini dihadiri oleh para kepala dinas, Forkopimda, pegawai lainnya, dan ratusan peserta dari para guru dan pelajar se-Tuapeijat.

Bupati Yudas Sabagalet, dalam sambutannya, membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim. Dalam sambutan tersebut, dikatakan juga bahwa guru selama ini hanya diberikan aturan-aturan, tapi tak pernah diberi pertolongan. Guru pun kerap dibebani tugas-tugas administratif yang dinilai tak punya manfaat.


Disampaikan, guru merupakan sosok utama dalam satuan pendidikan, yang memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi menggunakan hati.

Yudas juag menyebutkan, cara mengajar yang berorientasi pada hafalan juga kurang tepat.

“Yang diperlukan di dunia nyata adalah kemampuan berkarya dan berkolaborasi dengan alam,” katanya.

Yudas meminta guru memulai perubahan itu dengan hal-hal kecil di dalam kelas ketika mengajar. Pertama, guru diminta mulai mengajak murid berdiskusi, tak semata mendengar. Murid harus diberikan kesempatan untuk mengajar di kelas, selain itu, guru diminta membuat proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.

"Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak. Oleh kerena itulah kita mendukung guru guru kita untuk terus bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan beraklak mulia,” kata Bupati.

Selanjutnya guru harus dapat berperan sebagai the significant other bagi peserta didik, guru harus menjadi sumber keteladanan. Menurutnya, tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru.

 “Jadi apapun kita saat ini, guru- guru kita pasti mewarnai, bahkan bisa jadi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kita,” tandanya. (017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018