Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (Foto: Fajar)


Lain-lain

Gubernur Sumbar Minta Rute Penerbangan Kuala Lumpur-Padang Disetop

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyurati Manajemen Air Asia di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk mengajukan pemberhentian sementara penerbangan rute Kuala Lumpur-Padang. Ini disampaikan Gubernur Senin (17/3/2020) malam di Rumah Dinas, menanggapi sudah di-lockdown-nya Malaysia karena kasus wabah COVID-19.

Dalam surat yang disampaikan, Gubernur Sumbar meminta Manajemen Air Asia di Malaysia untuk menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) yang sama ketatnya antara orang-orang yang ingin melakukan perjalanan ke luar Malaysia dengan orang-orang yang hendak masuk ke Malaysia melalui penerbangan.

Menurut Gubernur, ini didasarkan juga kepada kebijakan yang diambil oleh Kerajaan Malaysia dalam menghadapi ancaman wabah COVID-19, di antaranya Perintah Kawalan Pergerakan yang diberlakuakn mulai 18-31 Maret 2020.


Pemprov Sumbar meminta diberlakukannya pembatasan yang ketat terhadap orang yang hendak ke luar Malaysia karena ditemukan pada Flight No. AK.403 tanggal 16 Maret 2020 terdapat penumpang sesak nafas akut, yang merupakan salah satu indikator COVID-19, masuk ke Sumbar dan akhirnya meninggal dunia di Padang.

"Sehubungan hal tersebut di atas, untuk menghormati Perutusan Khas YAB Perdana Menteri mengenai COVID-19, dimohon kiranya juga dapat mempertimbangkan penghentian sementara rute penerbangan Air Asia Kuala lumpur - Padang (PP) dalam masa 18 s/d 31 Maret 2020," ujar Gubernur dalam surat tersebut.

Gubernur juga menyatakan bahwa Pemprov Sumbar akan melakukan pembatasan bepergian ke Malaysia, baik itu yang masuk ataupun yang ke luar, ini juga untuk menghormati Perutusan Khas YAB Perdana Menteri terkait perkembanagn COVID-19. 

Surat yang diajukan tersebut, hingga saat ini, dikatakan, masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari manajemen Air Asia. Ia berharap, kebijakan yang kirim melalui surat tersebut dapat disetujui oleh pihak AirAsia.

"Yang jelas, kita berharap mereka setuju dengan kebijakan yang kita buat ini," tukas Gubernur. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021