Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno kecewa, sebab banyak kepala daerah yang tidak hadirRakor di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (21/8/2018). (Foto: Wahyu)



Gubernur Sumbar Kecewa pada Kepala Daerah

PADANG (SumbarFokus)

Pasca melaksanakan Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Kabupaten/Kota se-Sumbar tahun 2018, di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (21/8/2018), Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno terlihat kecewa, sebab banyak kepala daerah yang tidak hadir ketika itu.

Atas ketidakhadiran kepala daerah ini, seperti Tanah Datar, Solok Selatan, Kota Padang, Padang Panjang, Dharmasraya, dan Pariaman Irwan Prayitno memerintahkan Biro Pemerintahan untuk menyurati bupati atau walikota agar hadir di rakor selanjutnya.

“Rapat yang dilaksanakan hari Selasa itu adalah rakor kepala daerah, seharusnya minimal wakil kepala daerah yang hadir, bukan Sekda. Jangan sampai rakor kepala daerah diwakili oleh pejabat eselon II," ungkap Irwan.


Selama ini kata dia, banyak kepala daerah kabupaten/kota yang menghubungi pihak pemerintah provinsi (pemprov) ketika ada perlunya saja. Padahal seharusnya kepala daerah tetap menjaga komunikasi dengan pemprov.

"Kalau bupati atau walikota lagi butuh, tiap sebentar telpon saya. Giliran rapat yang penting seperti ini, banyak yang tidak hadir diwakili ke Sekda, bahkan ke pejabat eselon II. Sekali lagi saya katakan, ini rakor kepala daerah,” tegasnya.

Irwan melanjutkan, jika Rakor berikutnya kepala daerah tidak hadir, pihaknya akan memberikan sanksi sesuai aturan yang ada. Ia menilai, bahwa bupati/walikota tidak akan bisa memajukan daerah jika dengan daerah lain dan pemrov saja tidak mau berkoordinasi.

“Untuk ke depan, minimal wakil kepala daerah yang hadir. Kalau tidak mematuhinya, sesuai kewenangan yang ada, akan saya berikan sanksi sesuai aturan," tambahnya.

Adapun tema Rakor kail ini yakni “Dalam Rangka Pemantapan Reforma Agraria melalui Redistribusi Tanah dan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2018, tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat serta Persiapan Pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Kabupaten/Kota Provinsi Sumbar.”

Rakor Pemprov dengan Kabupaten/Kota dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Sumbar, Forkompimda dan seluruh kepala OPD Provinsi Sumbar. Nara sumber antara lain Dirjen Penataan Agraria Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI. (005)

Kita Peduli!

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021