Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melantik Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Benny Warlis, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Padang (21/8/2018). (Foto: Wahyu)



Gubernur Sumbar Beri Instruksi Agar Bawahan Tak Loyal Diberhentikan

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menginstruksikan kepada seluruh pejabat eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar agar memperhatikan loyalitas eselon III di bawahnya.

Jika ada pejabat eselon III yang tidak loyal, gubernur memerintahkan eselon II untuk segera memproses dengan langkah tegas, bahkan memberhentikan.

Loyalitas menurut Irwan sangat esensial, sebab sebagai salah satu penentu bagi sebuah organisasi agar berjalan dengan baik.


“Mohon bagi pejabat eselon II, perhatikan eselon III yang ada di lingkungan masing-masing. Jika ada yang tidak loyal, segera proses. Kapan perlu segera diganti,” tegas Irwan dalam sambutannya pada pelantikan Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Benny Warlis, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Padang, Senin (21/8/2018).

Gubernur Sumbar menilai, tanpa garis instruksi yang baik, akan bisa merusak bahkan menyebabkan sistem manajemen organisasi tidak berjalan dengan baik. Apalagi minimnya loyalitas bawahan, serta diiringi dengan ucapan yang tidak tepat kepada pimpinan.

“Tanpa loyalitas, pekerjaan organisasi tidak akan terselesaikan dengan sempurna. Pekerjaan dan sistem manajemen juga tidak akan bisa berjalan baik. Jadi jika ada yang tidak loyal, jangan takut, diberhentikan saja,” tegasnya kembali.

Gubernur Sumbar ini menganalogikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ibarat sebuah kendaraan, cepat atau lambat lajunya agar sampai ke tujuan, sangat bergantung pada kerjasama staf di bawah komando eselon II.

“Jika ada eselon III yang tidak loyal dalam operasional, bukan hanya memperlambat, tapi juga akan memperlambat lajunya organisasi,” pungkasnya.

Terkait dilantiknya Benny Warlis sebagai Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, menggantikan Syafruddin yang telah memasuki usia pensiun, ia menyebutkan bahwa Benny bisa bekerja dengan loyal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Kita Peduli!

Dalam arahannya, gubernur Sumbar ini juga berpesan kepada Benny, untuk bisa beradaptasi dan mengenal lingkungan kerja barunya. Terutama memahami tupoksi OPD di lungkungannya, termasuk di bagian Asisten I dan III.

“Kita berharap, Pak Benny bisa fokus di bidang ekonomi dan pembangunan. Dengan harapan bisa kompak, bekerja saling dukung antar asisten, serta loyal kepada pimpinan, yakni gubernur, wakil gubernur, dan sekda,” pesannya kepada mantan Sekda Kota Payakumbuh itu. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      padangsumbar