Gubernur Irwan Prayitno sidak ke posko di perbatasan Sumbar-Riau di Sijunjung, Sabtu (23/5/2020). (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Gubernur Sidak ke Lokasi Tempat Lolosnya Ratusan Mobil Pemudik Masuk Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur SumateraBarat Irwan Prayitno, bersama Forkopimda,melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi posko pintu masuk di Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, yang merupakan lokasi perbatasan Sumbar-Riau, Sabtu (23/5/2020) malam. Dalam kesempatan itu, Gubernur disambut langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Kapolres Sijunjung, Dandim 0310, Kapolsek, dan beberapa Kepala OPD terkait di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

Irwan Prayitno yang didampingi oleh Kasat Pol PP Sumbar Dedi Diantolani, Kepala Kesbangpol Sumbar Nazwir, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar Heri Nofriadi, melakukan pemeriksaan aktivitas sarana dan prasarana posko dalam kesiapan menekan penyebaran corona.

Gubernur menekankan, ada sembilan pintu masuk lewat darat ke Sumbar, dari provinsi tetangga, yang harus dijaga ketat. 


"Periksa semua kendaraan yang masuk. Jangan sampai ada yang lengah. Ini semua menyangkut keselamatan kesehatan masyarakat Sumbar, agar terhindar dari penyebaran wabah COVID-19," sebut Gubernur.

Sidak ini dilakukan oleh Gubernur setelah diketahui adanya ratusan kendaraan pemudik yang menerobos Pos Perbatasan Provinsi Sumbar-Riau yang berada di Kabupaten Sijunjung, tepatnya di Jembatan Timbang Oto (JTO) Kamang Baru.

Dalam kesempatan sidak, Gubernur berpesan agar para petugas bekerja semaksimal mungkin, agar insiden yang sama tidak terjadi lagi. 

"Penjagaan harus ketat, tidak ada lagi kendaraan yang bawa penumpang bisa masuk ke Sumbar. Kita mesti tegas menjalankan protokol COVID-19 walau dalam suasana Lebaran," sebut Gubernur

Terkait pascakejadian, Kamis (21/5/2020), yang ratusan mobil pemudik dari arah Riau berhasil menerobos pos check point PSBB COVID-19 Sumbar di Jorong Batang Kariang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, pihak Polda Sumbar sudah menurunkan sejumlah personelnya untuk menambah kekuatan petugas setempat. Sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Sumbar, ditempatkan di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2020 dan Posko Penanganan COVID-19. Selain itu, puluhan personel gabungan dari Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SSD juga ditempatkan di sana.

"Adanya penambahan pasukan dari Brimob ini, meyakinkan kita akan pelaksanaan protokol COVID-19 dapat berjalan dengan baik. Mari kita jaga kesehatan dalam melawan COVID-19 dengan memakai masker, jaga jarak dan pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun" tegas Gubernur. (000)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018