Ketua DPW Partai Gerindra Sumbar Nasrul Abit saat ditemui usai salat tarawih di Masjid Nurul Islam di Padang, Minggu (13/5/2019). (Foto: Wahyu)


Politik

Gerindra Mulai Apungkan Anggota yang Lolos ke Legislatif untuk Jadi Ketua DPRD

PADANG (SumbarFokus)

Partai Gerindra segera mengapungkan anggota DPRD terpilih untuk menjadi Ketua DPRD Provinsi, dan sebelas DPRD Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat (Sumbar) setelah rekapitulasi suara.

Namun, hingga saat ini Ketua DPW Partai Gerindra Sumbar Nasrul Abit mengatakan, calon Ketua DPRD Sumbar masih dibicarakan. Pasalnya, terkait ketua ini ditentukan oleh partai yang bersangkutan.

"Ketua DPRD masih belum diputuskan, itu wewenang partai. Jadi kita masih menunggu keputusan DPP, dan akan kita komunikasikan dulu," Kata Nasrul di Padang, Minggu (12/5/2019) malam. 


Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu menuturkan, dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, Gerindra diperkirakan memegang 15 jabatan pimpinan DPRD, dan sebelas di antaranya merupakan jabatan Ketua ditambah jabatan Ketua DPRD Provinsi.

Menurutnya, hal itu sesuai ketentuan Undang-undang yang mengatur, bahwa pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif di daerah otomatis akan menjadi Ketua DPRD. Apalagi partai berlambang kepala burung garuda itu meraih total suara di atas 20 persen.

"Alhamdulillah, untuk Ketua DPRD kita mendapat sebelas, untuk pimpinan empat, sehingga ada 15 kursi pimpinan," ungkapnya.

Sementara dari segi Capres-Cawapres, berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara, nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno lebih unggul di 18 kabupaten dan kota, dengan raihan suara 2.488.733 (85,92 persen).

Sebaliknya, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'aruf Amin kalah telak, karena hanya unggul di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan raihan suara se-Sumbar  hanya 407.761 (14,08 persen) dari total 2.896.494 suara sah. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *