Danlantamal II Padang, Laksaman Pratama TNI Agus Sulaeman, didampingi Kasrem 032/Wbr, Kol.Arh.Sonny Septiono, dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit diikuti ribuan peserta lainnya senam Gemu Famire di ruang terbuka hijau Imam Bonjol Padang, Sumbar, Selasa (4/9/2018). (Ist))



Gemu Famire Antarkan TNI Raih Rekor Muri

PADANG (SumbarFokus)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru saja memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan melakukan senam Gemu Famire di tiga zona waktu Indonesia secara serentak jam 6.30 WIB. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73.

Sebanyak 346.829 peserta, selain unsur TNI, juga diramaikan oleh Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan TNI, Dharma Pertiwi, anggota Persit, Bhayangkara, Jalasanatri, Pia Ardhya Garini, siswa-siswi binaan TNI ikut meramaikan senam ini. Sementara di Korem 032/Wirabraja pelaksanaan senam Gemu Famire ini diikuti oleh 3.820 orang peserta.

“Selain itu, di setiap Kodim yang ada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) pesertanya 1.000 orang. Jadi peserta se-Sumbar sekitar 15 ribu orang,” kata Danlantamal II Padang, Laksaman Pratama TNI Agus Sulaeman, usai senam Gemu Famire di ruang terbuka hujau Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (4/9/2018).


Ia mengatakan, senam Gemu Famire ini digelar selain membuat badan sehat dan bugar sekaligus untuk mempersatukan setiap elemen, instansi, dan suku bangsa di Indonesia. Senam ini sebagai upaya merangkul segenap lapisan masyarakat tanpa ada batasan latar belakang apapun.

“Senam ini merupakan salah satu budaya asli Indonesia bagian timur, yakni dari Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT),” sebut Danlantamal II Teluk Bayur Padang ini.

Kasrem 032/Wbr, Kol.Arh.Sonny Septiono menambahkan, tarian atau senam Gemu Famire tidak saja dilakukan di Padang, tapi di seluruh wilayah Kodim yang ada di Sumbar.

Ia berharap, dengan kekompakan dan antusiasme peserta TNI bisa memecahkan rekor Muri sesuai yang direncanakan.

“Senam Famire ini bisa dilakukan oleh siapapun, sebab gerakannya sederhana, sekaligus juga hiburan dan mendapat kebugaran tubuh,” tutur Sonny.

Sebelumnya, Kapenrem 032/Wbr Hasanuddin Daulay mengatakan, khusus di Korem 032/Wbr Padang persiapannya hanya dilakukan sekitar satu minggu. Dengan semangat serta antusiasme peserta Senam Famire ini, diharapkan juga menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia merincikan, pesertanya selain TNI dan Polri juga diikuti oleh FKPPI, PPM, Satpol PP, Menwa UNP, Menwa Unand, Menwa Unnes, Menwa UPI, Menwa ITP, SMP, SMA/SMK Kartika, SMKN 5 Lolong Padang, SMKN 2 Padang, SMK Dhufa, serta Setkom Kota Padang. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018