Santri Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang yang tergabung dalam Dewan Redaksi Majalah Cerdas, mendengarkan materi yang disampaikan narasumber dari Dinas Komunikasi dan lnformatika (Kominfo) Kota Padang Panjang, pada pelatihan desain majalah, Sabtu (11/6/2022). (Foto: Ist.)


Pendidikan

Gandeng Kominfo Padang Panjang, Pontren Kauman Muhammadiyah Gelar Pelatihan Desain Majalah

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menggelar pelatihan desain majalah, dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan lnformatika (Kominfo) Kota Padang Panjang, Sabtu (11/6/2022).

Kegiatan ini diikuti 20 santri yang tergabung dalam Dewan Redaksi Majalah Cerdas milik pontren yang terletak di Jalan Datuak Sinaro Panjang, Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) itu.

Mudir Pontren, Derliana menyampaikan, kegiatan ini menjadi salah satu program dewan redaksi majalah yang baru saja menerbitkan edisi kedua.


"Segala bentuk kekurangan edisi kedua tentu kita perbaiki di edisi berikutnya," ujarnya.

Derliana mengucapkan terimakasih kepada Kominfo Padang Panjang yang mendukung program pontren dalam mengembangkan gerakan literasi.

"Terimakasih kepada Kominfo yang selalu mendukung program-program pontren melalui pemberitaan. Demikian juga dengan program gerakan literasi pontren. Semoga kerjasama ini tetap berjalan dengan baik," harapnya.

Doktor bidang pendidikan itu berharap, kegiatan ini mampu melatih santri agar mempunyai pengetahuan tentang desain majalah. Kemudian, santri mempunyai kemampuan menulis, baik di media cetak maupun di media sosial. 

Ditambahkannya, desain majalah yang dihasilkan pada pelatihan itu akan dicetak pada semester ganjil depan.

Sementara, Pranata Humas Kominfo Padang Panjang, Budiono, yang merupakan pemateri pada pelatihan itu, mengapresiasi program kerja Dewan Redaksi Majalah Cerdas.


"Pelatihan yang merupakan wujud pelaksanaan literasi di sekolah ini sudah berjalan dengan baik. Semoga kerjasama seperti ini tetap berjalan di tahun-tahun berikutnya agar tujuan pontren melahirkan santripreneurship lewat media bisa diraih," tuturnya.

Ia berharap akan lahir jurnalis-jurnalis hebat dan produktif dari kalangan santri Muhammadiyah. Sebab, lanjutnya, kebutuhan penyebaran informasi telah memasuki era konvergensi media. 

“Para santri hendaknya terus mengembangkan ketrampilan dan keahlian yang meliputi kemampuan menulis, fotografi, dan audio visual,” pungkasnya. (000/Rls)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021