Pjs Bupati Solok Selatan Jasman Rizal. (Foto: YEYEN)


Lain-lain

Gaji Honorer Hanya Rp600 Ribu per Bulan, Ini Kata Pjs Bupati Solok Selatan

PADANG (SumbarFokus)

Dihubungi melalui telepon seluler oleh SumbarFokus.com, Pjs Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Jasman Rizal, menyampaikan rasa empati yang mendalam terkait gaji yang diterima oleh para tenaga honorer dan sopir di daerah tersebut, yang menurutnya sangat minim dan jauh dari mencukupi untuk kebutuhan hidup keluarga.

Jasman mengungkapkan, gaji tenaga honorer yang ia ketahui hanya sebesar Rp600 ribu per bulan, sedangkan gaji sopir Rp800 ribu per bulan. Dikatakan, kondisi ini merupakan satu masalah tersendiri yang sangat perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak terkait di Solok Selatan.

Saya mendapat laporan, ada sekira 1.600-an TKD di Solsel. Kalau dibayar sesuai UMR, tentu akan menyedot anggaran yang sangat besar dan menggerus anggaran prioritas daerah lainnya,” ujar Jasman menyampaikan sisi lain yang membuat kondisi ini terbentur.


Namun, walau bagaimanapun, Jasman menegaskan bahwa ini merupakan persoalan yang harus dipikirkan oleh berbagai elemen di Solok Selatan. Menurutnya, eksekutif dan legislatif perlu duduk serius membahas persoalan ini.

Jasman juga menekankan, idealnya, para honorer dan sopir tersebut bisa mendapat gaji sesuai UMR. Namun, tak bisa dipungkiri, keterbatasan anggaran menjadi kendala yang cukup besar dalam hal ini.

“Mungkin rasionalisasi TKD paling tepat. Dengan jumlah 1600-an, sangat memberatkan APBD. Namun wacana ini tentu perlu kehati-hatian, karena banyak aspek harus dipertimbangkan; baik politis, ekonomis, sosial, budaya, psikologis, dan lain-lain. Yang jelas, kalau dibayar sesuai UMR, jelas Pemkab Solsel tak akan mampu, karena APBD Solsel relatif kecil,” ujarnya.

Diakui, pihaknya sudah menyampaikan kondisi ini kepada DPRD setempat.
“Tanggapan yang diberikan cukup serius. Ini memang harus jadi perhatian kita bersama,” tegasnya. (003)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020