Bupati Yudas Sabaggalet melepas peserta pawai dalam rangkaian ajang Festival Pesona Mentawai 2019. (Foto: Hendrianto L Raja)


Pariwisata

Festival Pesona Mentawai, Promosi Wisata dan Budaya Tanah Sikerei

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Tanah Sikerei punya keberagaman adat dan budaya. Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, beragam etnis tinggal dan hidup berdampingan, damai. Keberagaman yang harus dijaga dan dilestarikan sebagai wujud kekayaan budaya di Kepulauan Mentawai ini dipromosikan melalui Pawai Budaya yang digelar dalam rangkaian agenda Festival Pesona Mentawai (FPM), Sabtu (29/6/2019).

SumbarFokus beruntung bisa melihat beraneka representasi budaya yang ditampilkan dalam ajang ini, live di lokasi yang mengambil start dari Halaman Kantor Bupati Mentawai dan finish depan Homestay Mapadegat ini. Tak ketinggalan semua kecamatan dan dinas instansi ikut ambil bagian. Mulai dari pakaian adat mentawai, kateubak, dan pertunjukkan keterampilan memanah.

Beberapa kendaraan tampak dihiasi dengan perwakilan corak budaya. Semua tersaji indah, apik dan menarik. Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet tampak menghadiri dan membuka langsung acara tersebut. Hadir juga Forkopimda, Kepala OPD, anggota paskibraka, serta kontingen yang berada di 10 kecamatan kabupaten kepulauan mentawai.


Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, penyelenggaraan FPM 2019 memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.  Selain menjadi event untuk mendorong pariwisata Mentawai, juga momen dalam memelihara kekayaan budaya tanah Mentawai.

"Apalagi Mentawai telah menjadi destinasi wisata yang memiliki tujuan untuk wisata asing dan melestarikan adat budayanya. Ini menjadi modal dasar bagi pembangunan di masa depan,” ujar Bupati.

Pawai budaya, disebutkan, merupapkan bagian dari upaya dalam melestarikan tradisi budaya daerah, di samping mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki daerah ini kepada dunia luar.

“Saya sangat bahagia hadir bersama masyarakat dan para peserta pawai budaya dari seluruh penjuru kecamatan se-Kabupaten Mentawai. Terimakasih atas partisipasinya,” ucap Bupati. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *