Fakhrizal (kiri) dan Genius Umar (kanan). (Foto: Ist.)


Politik

Fakhrizal-Genius Umar Dinyatakan Penuhi Syarat Minimal Maju Pilgub

PADANG (SumbarFokus)

Surat dukungan pasangan perseorangan Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar dinyatakan memenuhi jumlah syarat minimal maju dalam Pilgub Sumbar 2020. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, melalui Komisioner KPU Sumbar Izwaryani di Padang, Senin (24/2/2020).

Disebutkan, setelah dilakukan pemeriksaan, dinyatakan bahwa surat dukungan yang diterima oleh KPU Sumbar sebesar 327.774 dukungan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan berkas dilakukan hingga Minggu malam sampai 23.30 WIB, dan dinyatakan memenuhi syarat," kata dia


Ia mengatakan jumlah dukungan minimal yang harus dimiliki sebesar 316.051 dukungan. Sementara, pasangan Fakhrizal- Genius Umar telah melewati jumlah tersebut. Menurut dia dari berkas yang diserahkan pasangan perseorangan kepada KPU Sumbar sebanyak 336.657 dukungan pada Rabu (19/2/2020).

Setelah dilakukan pemeriksaan ada sejumlah berkas yang tidak lengkap yaitu sebesar 7.108 dukungan. Menurut dia dukungan yang tidak lengkap karena tidak dukungan tidak dilengkapi KTP elektronik, tidak ditandatangani dan lainnya.

Ia mengatakan setelah penentuan berkas lengkap, KPU Sumbar akan melakukan verifikasi administrasi yang dilakukan pada 24 Februari hingga 22 Maret 2020. Menurut dia dalam verifikasi administrasi ini pihaknya akan memeriksa bukti dukungan tersebut mulai dari apakah orang itu sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), masuk dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4).

Kemudian memeriksa pekerjaan pendukung apakah ada yang ASN, wali nagari, pegawai BUMN, apakah pendukungnya masih beralamat di Sumbar atau sudah pindah dan lainnya. Setelah dilakukan verifikasi administrasi dan dinyatakan jumlahnya melebihi batas minimal akan dilakukan verifikasi faktual.

"Prosesnya masih panjang yang harus dijalani hingga pendaftaran nantinya," kata dia. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar