Pasar Serikat Lubukbasung-Garagahan, Kecamatan Lubukbasung ini termasuk salah satu pasar yang diusulkan untuk diperbaiki pada tahun 2019. (ist)


Ekonomi

Enam Pasar Tradisional di Agam Diusulkan untuk Direnovasi

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Niat Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), untuk merenovasi enam pasar tradisional di daerah itu sudah mulai direalisasikan. Pemerintah daerah setempat telah mengajukan proposal bantuan sebesar Rp12 miliar ke Kementerian Perdagangan.

Ini diakui Kepala Bidang Pasar, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam Riza Oktafiendi di Lubukbasung, Kamis (4/10/2018).

"Kita telah mengusulkan anggaran renovasi enam pasar pada awal 2018 lalu. Kita berharap usulan itu disetujui Kementerian Perdagangan sehingga proses pembangunan bisa dilakukan pada awal tahun 2019," kata dia.


Dikatakannya, keenam pasar itu adalah Pasar Koto Alam Kecamatan Palembayan, Pasar Pakan Selasa Kecamatan Ampekkoto, Pasar Balai Panjang Sungaipua, Pasar Batu Kambiang Kecamatan Ampeknagari, Pasar Serikat Lubukbasung-Garagahan Kecamatan Lubukbasung dan Pasar Serikat Padang Tarok Kecamatan Baso.

Selain itu kata dia, pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam juga akan merenovasi dua pasar tradisional menggunakan dana alokasi umum sebesar Rp560 juta.

“Kedua pasar yang akan direnovasi itu adalah  Pasar Balai Selasa Kecamatan Lubukbasung dan Pasar Kayu Pasak Kecamatan Palembayan,” katanya.

Dikatakannya pada tahun 2018 Pemkab Agam memperoleh dana alokasi khusus sebesar Rp5,77 miliar untuk memperbaiki Pasar Koto Kaciak Kecamatan Tanjungraya, Pasar Malalak Utara Kecamatan Malalak, Pasar Koto Tinggi Kecamatan Baso, Pasar Koto Alam Kecamatan Palembayan dan Pasar Palupuh Kecamatan Palupuh.

“Saat ini perbaikan lima pasar itu sedang berjalan dengan bobot pekerjaan sekitar 60 persen. Kita berharap pembangunan sesuai kontrakkerja," kata dia.

Sebelumnya kata dia menambahkan, pada tahun 2017 pemerintah setempat memperoleh bantuan untuk perbaikan tujuh pasar tradisional. Lalu pada tahun 2016 sebanyak tiga unit dan pada 2015 sebanyak empat unit pasar.

Kita Peduli!

Ia mengatakan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Agam berharap seluruh pasar tradisional selesai diperbaiki pada tahun 2020. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agamsumbar