Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka Sinkronisasi PPKD se-Sumbar di Padang, Rabu (21/11/2108). (Foto: Wahyu)



Enam Daerah Kabupaten dan Kota di Sumbar Belum Serahkan PPKD

PADANG (SumbarFokus)

Dinas Kebudayaan Sumatra Barat (Sumbar) beberapa bulan terakhir sedang fokus terhadap pemetaan ranah kebudayaan. Salah satunya melalui sinkronisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Provinsi di seluruh kabupaten/kota yang ada.

Namun sayangnya kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, sampai saat ini masih terdapat enam daerah kabupaten/kota yang belum menyerahkan PPKD ke Dinas Kebudayaan Sumbar.

Keenam kabupaten/kota itu diingatkan Pemerintah Provinsi Sumbar agar secepatnya menyerahkan dokumen PPKD yang dimaksud untuk bisa dirumuskan dan dijakukan ke pemerintah pusat.


"Kepada kabupaten/kota yang sudah menyerahkan, apalagi datang hari ini, kita apresiasi karena mereka benar-benar serius dengan kebudayaan. Bagi keenam daerah yang belum, dalam minggu ini bisa menyerahkan dokumen PPKD untuk percepatan fokus target kebudayaan kita," sebut Irwan Prayitno di Padang, Rabu (21/11/2018).

Dalam kegiatan Sinkronisasi PPKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar itu Irwan juga menyebutkan PPKD ini sebagai implementasi undang-undang kebudayaan. Menurutnya setiap daerah sangat penting memajukan kabudayaan daerah, sebab memajukan kebudayaan juga memajukan daerah.

"Dokumen PPKD ini perlu untuk menentukan arah kebudayaan kita ke depan. Dengan budaya bisa memeriahkan destinasi yang juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tegasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti memang mengakui bahwa sampai saat ini baru 13 kabupaten/kota di Sumbar yang menyerahkan dokumen PPKD. Kemudian sisanya kata Gemala, enam kabupaten/kota yang belum akan diserahkan paling lambat dalam minggu ini.

"Enam daerah yang belum menyerahkan dokumen PPKD itu seperti Kota Padang, Kota Pariaman, Mentawai, Kota Solok, Pesisir Selatan, dan Agam. Tapi ditargetkan dalam minggu ini mereka sudah menyerahkan," kata Gemala kepada awak media.

Kadis Kebudayaan Sumbar ini menyampaikan bahwa sebanyak 13 kabupaten/kota di Sumbar yang menyerahkan dokumen PPKD sudah memenuhi 10 syarat yang ditetapkan. Dalam dokumen PPKD ini berisikan tentang bahasa, manuskrip, adat istiadat, tradisi lisan, pakaian tradisional, senjata tradisional, dan berbagai ranah kebudayaan lainnya.

Kita Peduli!

"Dokumen PPKD berisikan 10 pemacu kebudayaan daerah masing-masing, tentu juga berlandaskan falsafah Minangkabau, yakni Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," papar Gemala di hadapan puluhan sastrawan, budayawan, dan pemerintah kabupaten/kota se-Sumbar waktu itu. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021