Komisioner KPU SUmbar Izwaryani. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Enam Anggota PPS Sumbar Undur Diri, Ada yang Alasan Takut Tertular COVID-19

PADANG (SumbarFokus)

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat (KPU Sumbar) Izwaryani, Selasa (16/5/2020), menyebutkan enam anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) di Sumbar mengundurkan diri saat lanjutan tahapan Pilkada dimulai setelah sebelumnya ditunda akibat pandemi COVID-19.

Menurut dia, keenam petugas tersebut tidak dapat melaksanakan tugasnya dalam tahapan Pilkada Sumbar 2020. Ada petugas yang mundur akibat hamil dan takut tertular COVID-19 saat melaksanakan tugas sebagai PPS. Selain itu, ada juga saat penundaan tahapan Pilkada mereka mencari pekerjaan lain dan saat ini sudah bekerja di tempat lain.

Ia menyebutkan tahapan lanjutan Pilkada Sumbar secara resmi telah dimulai pada Senin (15/6/2020). Saat ini, yang dilakukan KPU Sumbar dan KPU kota dan kabupaten adalah melantik atau mengaktifkan PPS dan PPK.


"Petugas PPS yang sebelum pandemi COVID-19 belum dilantik akan dilantik dan yang tidak aktif hari ini diaktifkan kembali," ujar dia.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan pihaknya telah mendapatkan instruksi resmi dari KPU RI terkait kelanjutan pelaksanaan tahapan Pilkada di daerah itu dimulai pada 15 Juni 2020. Untuk tahap awal ini, pihaknya akan mengaktifkan penyelenggara pilkada ad hoc yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan.

“Kita akan lantik mereka telah memenuhi prosedur dan lakukan pemeriksaan masa tugas mereka yang telah habis,” sebutnya. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021