Pegawai kecamatan, nagari dan Puskesmas beserta anggota polsek IV Nagari berbaur dengan masyarakat lakukan goro aksi bersih di Nagari Sitanang, Rabu (27/3/2019). (Foto: Anizur)


Lain-lain

Empat kecamatan di Agam serentak Goro

Agam (SumbarFokus)

Dalam rangka mewujudkan lingkungan pemukiman yang bersih, indah dan asri, secara terpisah, Empat kecamatan Kabupaten Agam secara serentak melakukan gotong royang bersama, Rabu (27/3/2019).

Kecamatan yang mengelaraksi bakti sosial tersebut, diantaranya Kecamatan IV Angkek, Tanjung Mutiara, Baso dan Kecamatan Ampek Nagari.

Selain pegawai kantor camat, aksi tersebut dilakukan bersama pemerintah nagari, pegawai puskesmas, masyarakat dan pemuda setempat.


Sasaran gotong royong meliputi pembersihan parit, membersihkan sampah di jalan umum, mushalla, tugu perbatasan serta gotong-royong membersihkan kebun kelompok Dasawisma PKK.

Dihubungi wartawan, Camat Ampek Angkek Hidayatul Taufik mengatakan, aksi bersih-bersih itu memotivasi masyarakat mencintai budaya bersih dan peduli terhadap lingkungan agar terhindar dari penyakit.

“Kita ingin membangun peradaban budaya hidup bersih kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan tersebut sudah dilakukan dari tingkat jorong sampai ke nagari secara bertahap. Bahkan ke Kelompok Dasawisma PKK yang menjadi pilar utama dalam membangun peradaban keluarga yang sejahtera.

“Kegiatan ini kita juga melibatkan ibu-ibu PKK yang berperan besar dalam menggerakkan pembangunan terutama dibidang pemberdayaan keluargaan,” terangnya.

Kegiatan yang sama juga disampaikan Sekretaris Camat Tanjung Mutiara, Zulwardi. Disebutkannya gotong-royong kebersihan ini merupakan agenda rutin tiap minggu untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan daerah yang bebas dari sampah.

“Terimakasih kepada semua stakeholder atas kerjasamanya. Mari terus bersinergi demi kemajuan daerah,” pintanya.

Kepada seluruh penjual makanan dan minuman di tepi pantai Zulwardi berpesan untuk tidak membuang sampah di pantai, agar pantai tetap bersih dan indah sehingga para pengunjung tetap nyaman berkunjung.

Terpisah disampaikan Camat Ampek Nagari, Roza Syafdefianti, bahwa kegiatan gotong royong ini merupakan agenda rutin tiap bulan.

“Saat ini kita membersihkan dan menanam 150 bibit batang mahoni dan tanaman bunga di sepanjang jalan Sitanang menuju Batukambing. Sambil mendukung program “Agam Menyemai”, kegiatan ini akan kita lakukan setiap bulan,” pungkas dia. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam