Pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2017, yang sedang berpacu di Kota Payakumbuh. (Foto: Ist.)


Olahraga

Empat Kabupaten dan Kota Dipastikan Tak Ikut TdS 2019

PADANG (SumbarFokus)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengakui akan ada penurunan jumlah daerah yang terlibat dalam Tour de Singkarak (TdS) 2019.

"Tahun lalu Pasaman Barat dan Pariaman saja, sekarang Kota Solok, Sijunjung, Padang Pariaman dan Pasaman Barat dipastikan tidak ikut karena masalah ketersediaan anggaran," ungkap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Jumat (12/7/2019).

Ia menyampaikan, memang tidak bisa memaksa setiap daerah kabupaten dan kota untuk ikut TdS 2019 ini. Apalagi, empat daerah tersebut telah melaksanakan event nasional yang mengeluarkan banyak anggaran dari APBD di daerah setempat.


Meski begitu, TdS sebagai ajang balap sepeda internasional ini tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Sebab banyak daerah provinsi lain yang justru memperebutkan untuk ikut andil di TdS ini. Salah satunya, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi akan ikut TdS 2019 ini.

"TdS ini hak patennya milik Sumbar, sayang rasanya kalau dilepaskan, sedang provinsi tetangga saja mau bergabung, dan Kabupaten Mukomuko Bengkulu juga ingin ikut," ujar mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Terkait empat daerah yang tidak ikut tahun ini, memang terkendala biaya. Sebab dana yang digunakan untuk TdS ini dibebankan pada APBD yang jumlahnya terbatas. Namun ke depannya, kemungkinan agar tidak memberatkan APBD, akan dicarikan sponsor pihak swasta.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian membenarkan, bahwa empat daerah selain Kabupaten Mentawai dipastikan tidak ikut dalam penyelanggaraan TdS 2019 itu. Ketidakikutsertaan tersebut disebabkan alasan yang berbeda-beda, terutama terkait anggaran yang banyak digunakan untuk event lain.

"Kalau Mentawai memang sudah sejak dulu tidak terlibat. Tapi Sijunjung dan Kota Solok baru kali kini tidak ikut. Alasannya, Solok telah menjadi tuan rumah MTQ Nasional kemarin, jadi anggarannya tidak cukup lagi," ungkapnya.

Untuk Pasaman Barat dan Padang Pariaman, TdS tahun juga tidak ikut keduanya. Sehingga, tidak ikut kali ini tidak terlalu mencolok perhatian.

Anggaran memang jadi kendala tersendiri untuk mengangkat ajang ini, apalagi anggaranya datang dari masing-masing daerah, tidak dibantu lagi oleh Kementerian Pariwisata.

"Meski tahun ini ada empat daerah yang tidak terlibat dalam TdS 2019, istimewanya tahun ini Jambi dipastikan bergabung, rute etape menempuh daerah Sungai Penuh, Kerinci," kata Wagub. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018