Salah seorang tersangka kasus sabu-sabu di Solok. (Foto: Ist.)


Hukum

Dugaan Penyalahgunaan Narkotika, 5 Warga Kubung Ditangkap Polres Solok Arosuka

AROSUKA (SumbarFokus)

Diduga menyalahgunakan narkotika jenis sabu-sabu, lima warga Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), ditangkap Kepolisian Resor (Polres) Solok Arosuka.  Melalui Kasat Narkoba Iptu Amin Nurrasyid di Arosuka, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, Sabtu (14/11/2020), mengatakan bahwa lima pelaku tersebut ditangkap anggota Sat Resnarkoba pada Jumat (13/11/2020) berkat laporan dari masyarakat setempat yang mengatakan ada seseorang yang sering membawa narkotika jenis sabu-sabu.

"Lima pelaku tersebut yakni, berinisial RS (30), RH (34), YP (37), EFR (32), dan RA (26), merupakan warga di Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok," terangnya.

Berdasarkan laporan tersebut anggota Sat Resnarkoba melakukan penyelidikan dan melihat dua orang laki-laki dewasa yang ciri-cirinya sesuai dengan informasi yang dilaporkan masyarakat.


Kedua laki-laki tersebut dicurigai telah melakukan transaksi narkotika. Kemudian anggota Sat Resnarkoba langsung mencegat tersangka yang sedang membawa motor. Kemudian dilakukan penggeledahan.

"Berdasarkan penggeledahan tersebut ditemukan satu paket kecil narkotika jenis sabu-sabu di Simpang Gor Batubatupang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Setelah itu, dilakukan penangkapan terhadap dua pelaku tersebut," kata dia.

Petugas Sat Resnarkoba terus melakukan pengembangan kasus menuju tempat kedua pelaku tersebut mendapatkan narkotika, kemudian setelah sampai di lokasi yang dituju petugas menemukan dua orang di dalam rumah.

"Petugas lansung menggeledah rumah dan melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku lainnya berjenis kelamin laki-laki yang berada di dalam rumah tersebut," ucap dia.

Berdasarkan penggeledahan, petugas menemukan tiga paket besar yang diduga narkotika jenis sabu-sabu. Pelaku sendiri mengakui paket tersebut miliknya saat ditanyakan.

"Setelah berhasil menangkap empat pelaku, kami menanyakan kembali kepada pelaku dari mana narkotika tersebut mereka peroleh, lalu pelaku mengakui bahwa barang bukti itu didapatkan dari temannya yang berinisial R atau pitok (26)," ucap dia.

Kita Peduli!

Petugas Sat Resnarkoba pun langsung menuju rumah R setelah mendapatkan informasi dari keempat pelaku yang telah tertangkap tersebut. R langsung ditangkap di rumahnya. Petugas juga menanyakan kepada R terkait asal narkotika tersebut dan dijawabnya narkotika tersebut didapatkan dari temannya yang bernama Rudi yang berada di Kota Pakanbaru.

Lima pelaku dan barang bukti saat ini sudah dibawa ke Polres Solok Arosuka untuk penyelidikan lebih lanjut perkara narkotika jenis sabu-sabu yang ditangani oleh Sat Resnarkoba. Barang bukti yang ditemukan berupa tiga paket sedang diduga narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik klem warna bening, dua timbangan elektorik, uang tunai Rp1,75 juta, dan satu handphone Merk Vivo warna biru. Kemudian, juga ada  satu buah buku tabungan sikoci Bank Nagari, satu pak plastik kecil warna bening ukuran kecil, dan satu pak plastik sedang warna bening ukuran kecil.

Barang bukti lainnya berupa satu paket keci diduga narkotika jenis sabu-sabu yang dibungkus dengan plastik klem warna bening dan satu unit handphone merek Samsung J5 warna putih. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020