Kiper Semen Padang FC Teja Paku Alam dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. (Foto: Ist.)


Olahraga

Dua Pemain "Kabau Sirah" Dipanggil Perkuat Timnas Indonesia

PADANG (SumbarFokus) 

Dua pemain kesebelasan Semen Padang Football Club (SPFC) yakni Teja Paku Alam dan Dedi Gusmawan dipanggil untuk memperkuat tim nasional Indonesia yang akan menghadapi Malaysia dalam lanjutan laga di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada Selasa (19/11/2019).

Manajer Semen Padang FC Hermawan Ardiyanto di Padang, Minggu (10/11/2019) mengatakan pihaknya mengapresiasi panggilan tersebut dan memberikan kesempatan pemainnya untuk memperkuat tim nasional. 

"Kita memberikan mereka kesempatan untuk berkontribusi bagi timnas," kata Hermawan. Ia mengatakan sangat mendukung pemanggilan tersebut karena kualitas Teja Paku Alam sebagai penjaga gawang sudah teruji.


Sama halnya dengan Dedi Gusmawan yang bermain konsisten mengawal lini belakang kabau sirah - julukan Semen Padang. 

Pemanggilan Teja Paku Alam dan Dedi Gusmawan tersebut tertuang dalam surat yang disampaikan oleh PSSI bernomor 4862/AGB/1546/XI-2019 yang diterima oleh PT Kabau Sirah Semen Padang FC pada Sabtu (9/11/2019). 

Ia mengatakan dalam surat yang ditanda tangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha menyatakan Teja dan Dedi Gusmawan diharapkan mulai bergabung bersama skuad Merah Putih mulai Minggu (10/11/2019) sampai 20 November nanti.

Bagi Teja Paku Alam pemanggilan untuk timnas ini adalah untuk yang keempat kalinya untuk kualifikasi Piala Dunia. Sedangkan bagi Dedi Gusmawan ini adalah yang pertama kali untuk kualifikasi Piala Dunia 2022. 

“Alhamdulillah dapat pemanggilan timnas, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujar Teja Paku Alam. Teja Paku Alam sendiri berangkat Minggu siang (10/11/2019) dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Jakarta. 

Sementara itu Dedi Gusmawan mengatakan akan menuju Medan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta. 

“Saya pulang ke Medan karena harus menjemput paspor. Doakan semoga timnas Indonesia dapat hasil terbaik dari Malaysia,” katanya.

Kapten kesebelasan Semen Padang Dedi Gusmawan mengaku kaget mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

"Jujur awalnya kaget dapat panggilan ini apalagi masih banyak pemain muda yang bagus," kata Dedi. 

Ia mengaku bersyukur dengan pemanggilan kali ini dan siap memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia apabila dipercaya tampil mengisi skuat inti.

"Timnas tentunya jadi impian setiap pemain dan pastinya jika diberi kepercayaan tampil, ingin memberikan yang terbaik untuk tim," katanya.

Namun yang jelas saat ini, kata Dedi, dia akan fokus pada persiapan menghadapi Malaysia dahulu dan siapa nanti yang dipasang adalah keputusan pelatih yang harus didukung bersama. Dedi Gusmawan sendiri bukan pertama kali memperkuat timnas. 

Pada 2007 Dedi pernah mendapatkan panggilan memperkuat timnas saat masih membela PSDS Deli Serdang. 

Kemudian pada 2010 saat membela PSPS dan pada 2016 saat membela Zeyar Shwe di Liga Myanmar. 

Pada 2016 kala itu, timnas di bawah asuhan Alfred Riedl dan saat itu Dedi mengikuti laga ujicoba dengan Malaysia. 

“Alhamdulillah sekarang membela Semen Padang FC juga dipanggil,” katanya.

Manajer Semen Padang FC Hermawan Ardiyanto mengatakan kontribusi Dedi Gusmawan sendiri bersama Semen Padang FC dalam 27 laga Liga 1 2019 memang tidak tergantikan. Dirinya hanya tidak bermain ketika cedera atau terkena akumulasi kartu. 

Sejauh ini di Liga 1, Dedi Gusmawan merupakan pemain yang paling banyak melakukan interception atau memotong bola lawan.

"Saya rasa wajar dia dipanggil timnas karena konsisten dalam permainan," katanya. (001)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018