RS Unand. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Dua Belas Kamar Disiapkan oleh RS Unand untuk Pasien COVID-19

PADANG (SumbarFokus) 

Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas (Unand) menyiapkan 12 kamar untuk menampung pasien yang terpapar COVID-19 untuk mengurangi beban pada dua rumah sakit rujukan yang mulai disesaki pasien.

"Kami sudah tinjau kesiapan RS Unand ini. Ada beberapa yang belum siap, tetapi Rabu atau Kamis ini sudah lengkap dan bisa dimanfaatkan untuk merawat pasien corona," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Minggu (5/4/2020).

Hal yang perlu dilengkapi itu, di antaranya kemampuan daya listrik. Namun, semua sudah dalam rencana dan bisa diselesaikan dalam pekan ini.


Diungkapkan, RS Unand nantinya juga akan menjadi RS rujukan pasien corona di Sumbar. Jadi, akan ada tiga rumah sakit yang disiapkan. Sementara RSUD Kota Padang dan RSUD Pariaman juga diarahkan untuk bisa menangani pasien corona.

Direktur Utama RS Unand Padang Yevri Zulfiqar mengatakan dari 12 kamar, satu di antaranya akan difungsikan sebagai ICU yang siap dimanfaatkan jika dibutuhkan.

"Kami juga sudah menyiapkan tim. Lima dokter spesialis paru, dokter penyakit dalam dan 12 perawat. dokter dari fakultas kedokteran juga akan bergabung," ujarnya.

Diketahui, saat ini RS Unand sudah menangani 53 pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Karena saat itu fasilitas RS belum memadai, satu pasien PDP dikirimkan ke RSUP rs. M. Djamil Padang. Namun, hasil tes ternyata negatif.

"Kami juga punya rontgen portabel serta ventilator untuk melengkapi kebutuhan merawat pasien corona," katanya.

Kita Peduli!

Kamar yang disediakan untuk pasien corona adalah lantai dasar yang dekat dengan sarana daur ulang limbah, sehingga aman dan tidak akan mempengaruhi serta mengganggu pasien lain.

Normalnya, satu pasien nanti akan diletakkan dalam satu kamar agar tidak ada penularan sesama pasien. Namun, dalam kondisi darurat hal itu bisa berubah.

Saat ini hanya tersedia 70 Alat Pelindung Diri (ADP), nantinya akan ditambah Pemprov Sumbar. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018