DPW Sumbar Topan RI siap jadi tuan rumah Rakernas2019. (Foto: Ist.)


Lain-lain

DPW Sumbar TOPAN RI Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas

PARITMALINTANG (SumbarFokus)

Dewan Pimpinan Daerah Topan Republik Indonesia (Topan RI)--sebuah LSM yang fokus untuk penyelamatan aset negara-- siap menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional lembaga tersebut sekitar bulan Maret 2020 mendatang di Ranah Minang.

Kesepatan menjadi tuan rumah ini diputuskan dalam rapat koordinasi Dewan Pimpinan Wilayah Tipan RI yang dipimpin Ketua-nya, Syamsunar di kantor DPW, Jl. Raya Padang-Bukittinggi, tepatnya di Puncak Kiambang, Parit Malintang, Padang Pariaman, Minggu (3/11/2019) siang.

DPP Topan RI sendiri, kata Syamsunar, memang belum memutuskan resmi Raker itu diadakan di Sunatera Barat, tapi sifatnya masih alternatif di samping Provinsi Riau. Namun DPP nampaknya lebih cendrung mengadakan raker tersebut di Sumatera Barat, sekaligus untuk membuktikan bahwa Topan RI kompak dan tetap eksis sampai ke daerah-daerah, termasuk di Ranah Minang.


Konsolidasikan Daerah

Dalam rapat yang berlangsung selama 3 jam dan dihadiri penasehatnya, Syafruddin AL, DPW Topan RI Sumbar lebih dulu akan mengkonsolidasikan kembali DPD-DPD di Sumatera Barat. Pihak Sekretariat sedang melakukan pendataan DPD-DPD yang masih aktif, termasuk memantau anggota-anggota yang sudah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) resmi.

"Kita sedang mendata kembali anggota yang sudah memiliki KTA resmi, tetapi tidak melapor ke DPW maupun DPD sejak KTA diterimanya, termasuk tidak bagi yang tidak mengkoordinasikan tugas-tugas di lapangan," ujar Sektretaris DPW Topan RI Sumbar Irmanto.

Wakil Ketua DPD RI, Alinurdin menegaskan, selain pendataan, juga akan dilakukan pembenahan kembali kepengurusan di daerah-daerah yang ada di Sumbar. "Kami akan lakukan pembenahan, dan akan membentuk DPD di seluruh daerah, termasuk mengfunfsikan kembali DPD yang vakum," kata dia.

Syamsunar menegaskan, pihaknya juga akan mendata ulang anggota-anggota yang berada di lapangan. "Bagi yang bergerak sendiri-sendiri dan tidak berkoordinasi dengan DPD dan DPW, KTA-nya akan kami cabut," katanya.

Ia menyebutkan akan menyurati semua instansi pemerintah di Sumatera Barat tentang keberadaan LSM dan anggotanya yang siap menjadi mitra di daerah-daerah. "Bagi yang tidak punya KTA dan mengaku-ngaku dari LSM Topan RI, kita minta mitra daerah tidak melayani dan melaporkan oknum bersangkutan ke DPW maupun DPD.

Dilantik dalam Rakernas

Menyangkut pembenahan dan pembentukan DPD-DPD, Syamsunar menyebutkan bahwa nantinya pengurus DPD ini akan dilantik resmi oleh Ketua Umum DPP Topan RI saat pembukaan Rakernas dan sekaligus menjadi peserta rakernas secara resmi.

Rakernas yang akan diikuti sekitar 250 peserta dari seluruh Indonesia direncakan berlangsung di Malibo Anai.

Untuk memastikan Rakernas dan Pembentukan DPD itu, kata Wakil Sekretaris DPW Topan RI Sumbar Suhendrizal, pihaknya akan membentuk Tim Pendataan dan Pembentukan DPD yang akan dipimpin salah satu anggota DPW. Tim ini diberi mandat penuh melakukan pendataan ke seluruh daerah di Sumbar dan harus tuntas sampai pertengahan Desember nanti.

"Kita harapkan, akhir Desember atau awal tahun baru, kita sudah bisa melakukan Rakerwil dan mempersiapkan Rakernas," ujar Tim Hukum DPW Topan RI, Ferry Indra Ngurah menambahkan.(*)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar