Wakil Ketua DPRD Agam Taslim menyerahkan rekomendasi atas LKPJ Bupati Agam tahun 2018 kepada Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria di Aula DPRD Agam, Jumat (26/4/2019). (Foto: Anizur)


Lain-lain

DPRD Agam Berikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Agam

Agam (SumbarFokus)

Rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Agam tahun 2018 akhirnya dibacakan dalam Rapat Paripurna DPRD Agam di Aula DPRD Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (26/4/2019), setelah sebelumnya dilaksanakan rapat paripurna internal DPRD Agam yang menghasilkan persetujuan untuk mengambil keputusan tersebut.

Dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Agam Taslim, dihadiri oleh Wakil-Wakil Ketua dan Anggota DPRD Agam, dalam rapat paripurna tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah dan Pejabat eselon II dan III di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam.

Rekomendasi atas LKPJ tersebut dibacakan Syafrudin selaku Ketua Panitia Khusus yang membahas LKPJ. Disampaikannya, beberapa kemajuan pembangunan maupun kelemahan atau kekurangan dalam implementasi kebijakan pembangunan dijadikan Panitia Khusus (Pansus) sebagai evaluasi dalam memberikan rekomendasi berupa catatan-catatan strategis terhadap kinerja tersebut.


“Tujuan rekomendasi DPRD atas LKPJ ini untuk memberikan saran, masukan dan koreksi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah yang lebih baik dan akuntabel,” sebut Syafrudin.

Rekomendasi dari DPRD menyikapi LKPJ yang disampaikan oleh Bupati Agam tahun 2018 antara lain Penguatan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman serta pelestarian adat dan budaya selingka nagari; Penguatan tata kelola pemerintah dan reformasi birokrasi, Pembanganan sumber daya manusia; Penguatan ekonomi rakyat di bidang kedaulatan pangan, agroindustri, agrobisnis, UMKM dan Industri kreatif yang inovatif, unggul dan berdaya saing; Penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran; Pembangunan berbasis kewilayahan dan pemberdayaan masyarakat; Pembangunan berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana; Pengembangan pariwisata unggulan; dan Pembangunan dan pemerataan infrastruktur.

Mendapat rekomendasi itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas berbagai pandangan, tanggapan, dan masukan dari anggota dewan.

“Hal ini merupakan bentuk aktualisasi besarnya rasa tanggung jawab moral kita untuk terus kearah yang lebih baik lagi,” ujar Wakil Bupati.

Disebutkan, rekomendasi ini adalah tanggung jawab bersama dalam menjalankan fungsi kontrol sosial demi penyempurnaan dan perbaikan guna memberhasilkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta peningkatan pelayanan masyarakat dimasa mendatang.

“Rekomendasi ini juga menjadi masukan yang konstruktif bagi kami sebagai bahan evaluasi penilaian kinerja aparatur,” kata Trinda Farhan. (007)

Diungkapkannya, selama satu tahun yang sudah berlalu tingginya perhatian DPRD Agam terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah dengan segenap keberhasilan dan kekurangannya.

“Apabila dalam LKPJ Bupati Agam tahun 2018 kami menyampaikan keberhasilan dalam kurun waktu itu, maka keberhasilan itu bukan hanya keberhasilan bagi kami, melainkan keberhasilan bagi kita semua. Sedangkan kekurangan yang ada, merupakan kekurangan yang harus kami perbaiki, ” pungkasnya

Wakil Ketua DPRD Agam, Taslim, yang memimpin rapat, berharap rekomendasi DPRD Agam untuk dapat ditindak lanjuti (007)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam