Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Doni Monardo Sesali Adanya Aktivitas Tambang Ilegal di Sumbar

SIJUNJUNG (SumbarFokus)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jenderal Doni Monardo memberi perhatian khusus pada ajang internasional Arung Jeram Silokek Geopark Nasional Ranah Minang yang akan digelar 10-14 November di bumi lansek manih Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran langsung beliau untuk meninjau kesiapan jelang ajang. Dalam kesempatan tersebut, Doni juga menyampaikan pernyataan tegas bahwa dirinya menyesali keberadaan aktivitas tambang ilegal yang terjadi di Sumbar.

Disebutkan, dengan berlangsungnya kegiatan tambang ilegal ini, ekosistem lingkungan menjadi rusak, kontaminasi zat-zat kimia berbahaya muncul, ikan yang berkembang biak menjadi punah, dan terjadi bencana alam tanah longsong yang mengakibatkan pergerakan tanah sehingga merusak jalan atau fasilitas lainnya.


Salah satu contoh rusaknya ekosistem akibat aktivitas tambang ilegal ini, disebutkan, menghitamnya air sungai Batang Kuantan, yang dulunya sangat bersih dan jernih.

“Kita, dari BNPB, telah berkordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah Sumatera Barat untuk menindak segala aktivitas tambang emas Ilegal di Sumbar ini,” tegas Doni, baru-baru ini, saat meninjau kesiapan ajang Arung Jeram Silokek Geopark Nasional Ranah Minang.

Doni juga menyatakan bahwa dirinya dan jajaran menyatakan dukungan penuh atas digelarnya ajang Arung Jeram Silokek Geopark Nasional Ranah Minang ini.

Dirinya tak lupa memberi imbauan agar segenap masyarakat ikut serta menjaga lingkungan.

“Agar menjauhi diri dari bencana,” kata dia. (020)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018