Kepala DKP Sumbar Yosmeri menyampaikan sambutan dalam kegiatan Gemarikan 2019 di Padang, Senin (15/7/2019). (Foto: Wahyu)


Ekonomi

DKP Sumbar Larang Kotoran Ternak dan Bangkai untuk Pakan Ikan

PADANG (SumbarFokus)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sedang menggalakkan gerakan gemar makan ikan di setiap daerah. Dengan demikian, tentu hasil produksi ikan diharapkan terus alami peningkatan, tidak terkecuali produksi ikan budidaya. Namun, untuk budidaya ikan, pebudidaya diimbau tidak menggunakan kotoran ternak hewan atau unggas untuk pakan.

Ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar Yosmeri, terkait masih adanya masyarakat melakukan budidaya ikan di bawah kandang ternak atau unggas.

“Kita melarang membuat kolam ikan di bawah kandang ternak, seperti kandang sapi, kandang kambing, kandang ayam, apalagi bangkai untuk pakan ikan,” kata Yosmeri di Padang, Senin (15/7/2019).


Menurutnya, penggunaan kotoran ternak atau bangkai sebagai pakan ikan, akan banyak menimbulkan bakteri dan ikan tidak sehat. Apabila ikan dikonsumsi akan berisiko pada efek kesehatan.

“Kita terus sosialisasi dan adakan pelatihan budidaya ikan ini. Lebih baik menggunakan pelet atau sayur untuk pakan ikan,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Sumbar Nevi Zuairina, juga melarang penggunaan kotoran ternak sebagai pakan ikan. Menurutnya, di daerah daratan masih ada kolam di bawah kandang ternak.

“Tidak boleh lagi, karena ikannya tidak sehat, dan haram hukumnya,” kata Nevi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga menyampaikan harapan agar ikan yang dihasilkan nelayan maupun petani ikan hendaknya sehat, bergizi, dan rasanya enak.

Berdasrakan itu semua, proses budidaya ikan harus menggunakan pakan yang sehat. Apabila ikan yang dikonsumsi sehat, masyarakat juga bisa sehat, dan minat pembeli ikan juga akan meningkat.

“Kalau bisa setiap produk ikan yang dikemas, harus ada sertifikat halalnya. Baik dari sisi agama maupun kesehatan, sehingga betul-betul sesuai selera nusantara, dan bisa meningkatkan ekonomi,” kata Nasrul. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *