Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Diverifikasi, Belasan Rumah Sakit di Sumbar Turun Tipe

PADANG (SumbarFokus)

Rumah Sakit HB Saanin, Rumah Sakit Paru, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping, RSUD Padang Panjang, dan beberapa rumah sakit lainnya di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami penurunan tipe. Ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar drg Busril.

“Sebanyak 19 rumah sakit di Sumbar mengalami penurunan tipe setelah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Kesehatan. Rumah sakit itu terdiri dari rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada di Sumbar," ujarnya, baru-baru ini.

Dijelaskan, penurunan tipe seperti dari tipe A menjadi tipe C, dari C menjadi D, dan lainnya. Penilaian sendiri didasarkan kepada hasil penilaian Kementerian Kesehatan sisi RS Online dan Aspac rumah sakit.


Disebutkan, untuk RS Online, indikator penilaiannya terdiri dari ketersediaan dokter spesialis, dokter, tenaga kesehatan dan lainnya di rumah sakit tersebut.

Sementara,  untuk Aspac, indikator penilaiannya seperti ketersediaan alat kesehatan, sarana dan prasarana penunjang rumah sakit dan lainnya.

“Dengan penurunan kelas atau tipe ini berdampak bagi pendapatan rumah sakit itu sendiri seperti tarif BPJS. Dengan demikina, pendapatan RS akan berkurang,” katanya.

Kementerian Kesehatan, disampaikan, memberikan waktu hingga 12 Agustus 2019 kepada rumah sakit yang bersangkutan untuk memperbaiki fasilitas mereka.

"Sejauh ini beberapa rumah sakit telah melakukan perbaikan dan kita berharap seluruhnya melengkapi syarat yang dibutuhkan," tuturnya.

Dinas Kesehatan juga telah memanggil rumah sakit tersebut untuk memperbaiki fasilitas mereka agar sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Kita Peduli!

 (002)


 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar